Dewan Barut Apresiasi Disnakertranskop UKM Gelar 3 Pelatihan Sekaligus

By kabarbor - May 13, 2023 |
Post View : 305
Views
IMG-20230513-WA0015

Muara Teweh – Kalangan DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut) mengapresiasi kegiatan pelatihan yang di adakan oleh Dinas Tenaga Kerja, Trsnsmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara.

Anggota DPRD Barito Utara Kabupaten Barito Utara Mustafa Joyo Muhtar mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara yang mengadakan 3 (tiga) pelatihan sekaligus.

“Kegiatan pelatihan yang diadakan Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara ini, memiliki arti yang sangat penting sebagai upaya memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta pelatihan yang nantinya sebagai pencari kerja ataupun berwirausaha,” kata Mustafa Joyo Muhtar, Sabtu (13/5/2023).

Dikatakannya, melihat antusias dari peserta pelatihan ini didominasi para anak muda atau kaum millennial sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pemuda merupakan generasi millennial yaitu generasi yang lahir dalam rentang tahun 1990 hingga awal tahun 2000.

Menurutnya, generasi ini tumbuh dan berkembang sekarang di zaman era yang canggih dengan kecepatan teknologi dan akses informasi yang sangat mudah didapat hanya dengan sentuhan via layar smartphone. Generasi millennial juga mempunyai banyak keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya.

“Tiga pelatihan yang diadakan itu adalah operator komputer muda, menjahit pakaian dengan mesin dan barbershop. Dimana pelatihan ini sangat membantu warga masyarakat dan dalam rangka mempersiapkan calon tenaga kerja yang siap pakai,” kata Mustafa Joyo Muhtar, Sabtu (13/5/2023).

Menurut politisi partai Gerindra Barito Utara ini, pelatihan yang di adakan Disnakertranskop UKM ini untuk membekali peserta agar memiliki kompetensi di bidang operator komputer muda, menjahit pakaian dengan mesin, dan barbershop calon tenaga kerja yang siap pakai.

“Pelelatihan ini untuk mempersiapkan calon tenaga kerja yang belum mendapatkan pekerjaan yang tidak memiliki skill dan kemampuan dibidang operator komputer muda, menjahit pakaian dengan mesin, dan barbershop,” ucap Mustafa.

Selain itu kata dia mempersiapkan dan menciptakan wirausahawan-wirausahawan di bidang operator komputer muda, menjahit pakaian dengan mesin, dan barbershop. “Dan mereka (peserta pelatihan-red) harus siap bersaing dalam hal penerimaan tenaga kerja, apalagi sekarang banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan,” kata Mustafa.

Mustafa juga mengharapkan kegiatan pelatihan ini dapat mengurangi pengangguran terbuka dan dapat menanggulangi inflasi daerah di Kabupaten Barito Utara. “Diharapkan juga pelatihan ini nanti terus berlanjut untuk menciptakan wirausaha-wirausaha muda di daerah ini dan mengurangi pengangguran di Kabupaten Barito Utara,” pungkasnya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait