Bupati Nadalsyah Mediasi PT BEK dengan Masyarakat

MUARA TEWEH – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah memediasi persoalan terkait lahan tambang batu PT Bharinto Ekatama (BEK) dengan masyarakat pemilik lahan diwilayah Desa Benangin II, Kecamatan Teweh Timur Kabupaten Barito Utara di aula Setda Lantai I, Senin 17 Mei 2021.

Kendati masih belum menemukan titik penyelesaian, namun Bupati Barito Utara H Nadalsyah sempat memohon kepada pihak perusahaan agar persoalan ganti rugi lahan dapat disesuaikan harga yang di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Kaltim.

Hal itu disampaikan salah satu peserta rapat yang menghadiri rapat tersebut Sabarson setelah selesai rapat tersebut di halaman depan kantor bupati setempat.

Menurut Sabarson yang juga Kepala Desa Benangin II, Bupati Barito Utara H Nadalsyah sangat luar biasa mempertaruhkan status dan jabatannya kepada pihak perusahaan hingga memohon agar persoalan ganti rugi lahan disamakan dengan harga yang ada di wilayah Kaltim.

“Oleh sebab itu, Bupati memohon dan memberikan kesempatan kepada pihak perusahaan PKP2B itu untuk membahasnya di management di Jakarta,” katanya.

Pasalnya, berdasarkan pengakuan dari pihak perusahaan sebagai mana yang disampaikan oleh Vice Presiden Direktur PT BEK, Astraditya pada rapat tersebut bahwa pihaknya tidak dapat mengambil keputusan sebelum dirapatkan bersama Komisaris dan Direktur PT BEK di Head Office Jakarta.

“Oleh sebab itu, Bupati memberi kesempatan dalam waktu segera agar persoalan lahan PT BEK ini dibicarakan ditingkat manajemen di Jakarta,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu pemilik lahan di PT BEK, Surya Baya menyampaikan, bahwa pihaknya selaku warga masyarakat sangat berterima kasih kepada Bupati Barito Utara yang telah memediasi permasalahan lahan warga di wilayah tambang PT BEK.

“Ini sangat luar biasa bagi Bupati Barito Utara yang telah mempertaruhkan segalanya status dan jabatannya demi warganya. Dan jika sampai apa yang disampai pak Bupati tak dihiraukan oleh pihak manajemen perusahaan, kami selaku pemilik lahan akan tetap bertahan, bahkan patok dan plang larangan di areal PT BEK, jelas sudah kita pasang disana,” ujarnya.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait