Anggota DPRD Barito Utara Riza Faisal Harapkan Pemudik Perhatikan Kondisi Rumah Sebelum Ditinggalkan

By kabarbor - April 20, 2023 |
Post View : 330
Views
IMG-20230420-WA0002

Muara Teweh – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut) Riza Faisal menghimbau kepada warga masyarakat yang ingin pulang ke kampung halamannya merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023 agar bisa memperhatikan kondisi rumah sebelum ditinggalkan.

Dikatakakn Riza, mudik merupakan salah satu tradisi Lebaran yang masih dilakukan oleh banyak orang sampai saat ini. Begitu juga di wilayah Kabupaten Barito Utara. Momen mudik sering dinantikan karena kita dapat berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak saudara yang sudah lama terpisah oleh jarak.

Menurutnya selain memerhatikan keamanan saat di perjalanan, kita juga harus memerhatikan keamanan rumah saat ditinggal mudik.

“Saya menghimbau kepada warga masyarakat di daerah ini yang ingin mudik lebaran harus mencek terlebih dahulu kondisi rumah yang akan ditinggalkan seperti mengecek semua pintu maupun jendela, bila perlu gunakan kunci ganda untuk pintu utama,” kata Riza.

Dikatakannya, sesaat sebelum meninggalkan rumah, cek sekali lagi semua pintu dan jendela untuk memastikan semuanya benar-benar terkunci.

Selain kata Riza Faisal pastikan semua pintu terkunci, dan yang tidak kalah penting untuk mengecek dan mematikan seluruh aliran listrik yang tidak perlu. Hal ini dilakukan untuk menghindari hubungan arus pendek atau bentuk kecelakan lainnya.

Kemudian ucapnya mengecek dan mematikan gas. “Ingat, meninggalkan rumah dengan kondisi gas yang masih terpakai atau bahkan terbuka adalah hal yang sangat berbahaya. Jadi, selalu cek kondisi gas yang ada di rumah dan matikan sebelum melakukan perjalanan mudik,” kata dia.

Riza Faisal menambahkan sebelum meninggalkan rumah mudik lebaran, juga harus berkoordinasi dengan tetangga.

“Sehari atau beberapa hari sebelum melakukan perjalanan mudik, ada baiknya kita melaporkan kondisi rumah dengan tetangga. Kita bisa meminta bantuan mereka untuk mengecek rumah kita secara berkala lewat pesan atau telepon. Jangan lupa juga untuk melaporkan kondisi rumah yang akan kita tinggalkan untuk mudik kepada RT, RW, atau satpam setempat,” kata politikus dari Partai Demokrat Barito Utara ini.

Pada kesempatan itu Riza juga menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023 dan kepada para pemudik semoga selamat sampai tujuan hingga kembalinya nanti.

“Semoga dimomen ini kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan ibadah. Saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, semoga di hari yang fitri ini kita semua dapat menjadi lebih baik lagi serta saling dapat memaafkan lahir dan batin,” kata Riza Faisal.

Ia juga mengingatkan kepada para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat agar selalu mentaati rambu-rambu lalulintas, dan apabila pengendara dalam keadaan sedang mengantuk agar bisa beristirahat di rest area yang ada disiapkan.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait