Waspada Penipuan, Kembali Beredar Nomor dan Akun Palsu Mengatasnamakan Pj Sekda Jufriansyah

By kabarbor - April 5, 2024 |
Post View : 411
Views
IMG-20240405-WA0026

Muara Teweh – Bagi warga masyarakat di wilayah Kabupaten Barito Utara agar selalu berhati-hati dan waspada. Sebelumnya pada bulan November 2023 lalu ada modus penipuan melalui nomor WhatsApp (WA) 0813 1215 0449 yang mengatas namakan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barito Utara, Drs Jufriansyah MIP.

Kembali pada bulan April 2024 kembali ada akun WhatsApp (WA) nomor 0821 4193 0998 yang mengatasnamakan Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara, Drs Jufriansyah.

Pj Sekda Kabupaten Barito Utara Drs Jufriansyah saat dihubungi melalui pesan WA menegaskan, kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat untuk tidak mudah percaya akan rayuan pelaku penyalahgunaan WA atau media sosial lainnya yang mengatasnamakan Pj Sekda ataupun pejabat lainnya.

“Di Kabupaten Barito Utara sering terjadi penipuan menggunakan nama pejabat daerah termasuk nama saya juga digunakan untuk modus penipuan. Modus yang biasa mereka gunakan agar percaya bahwa itu adalah orang yang asli, biasanya mereka membuka obrolan atau percakapan dan untuk meyakinkannya mereka menyalahgunakan foto profil di medsos,” kata Pj Sekda Jufriansyah, Jumat (5/4/2024).

Pj Sekda Jufriansyah juga meminta kepada seluruh ASN dan masyarakat di daerah ini agar tidak mudah percaya terhadap nomor yang baru menghubungi baik itu nomor WhatsApp (WA), nomor seluler, akun-akun medsos baik itu melalui chat WhatsApp, SMS ataupun lainnya.

Jufri menegaskan, jika ada yang kejadian seperti itu alangkah baiknya untuk di croscek terlebih dahulu dan tidak mudah dipercaya, dan apabila ada yang mencurigakan segera melaporkan kepada pihak yang berwenang.

Sementara, Kepala Dinas Kominfosandi Barito Utara M Ikhsan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dan pejabat dilingkup Pemkab Barito Utara agar selalu waspada terhadap penipuan menggunakan modus nama-nama pejabat di daerah setempat.

“Untuk itu dihimbau tidak melakukan komunikasi dengan nomor tersebut dan apabila ada nomor tidak dikenal yang mengatasnamakan pejabat daerah Kabupaten Barito Utara diharapkan dapat mngkonfirmasi ke akun media sosial resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara melalui akun @humas_barut ataupun @diskominfosandibaru,” kata Kadis Kominfosandi Barito Utara.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait