Wabup Lepas Kontingen Pramuka Ikuti Lomba Tingkat IV Penggalang

By kabarbor - June 1, 2023 |
Post View : 319
Views
IMG-20230601-WA0006

Muara Teweh – Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra melepas keberangkatan kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Barito Utara dalam rangka mengikuti lomba tingkat IV Penggalang, di halaman kantor bupati, Kamis (1/6/2023).

Lomba tingkat IV Penggalang yang diikuti kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Barito Utara dilaksanakan di Palangka Raya.

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra mengatakan bahwa tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk di dalamnya peran gerakan pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut.

“Hal ini sesuai dengan Satya Pramuka kedua yang berbunyi “menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat“ kata Wabup Sugianto Panala Putra membcakan sambutan Bupati H Nadalsyah.

Di samping itu kata dia, tujuan mulia pendidikan kepramukaan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplin, menjadi modal spirit untuk terus berkarya dan berbakti.

Untuk itu jelasnya, perlu upaya untuk meningkatkan inovasi kegiatan dan materi pelatihan serta pemberdayaan kwartir cabang yang sistematis, terencana dan berkelanjutan.

“Saya berharap dengan kontingen lomba tingkat IV regu pramuka penggalang ini merupakan upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia, yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di tingkat cabang, daerah, nasional dan dunia,” ucap Wabup.

Kegiatan lomba tingkat (LT) regu pramuka penggalang adalah kegiatan yang mengasah keterampilan, kecerdasan, kedisiplinan, kemandirian dan kecakapan bagi seorang pramuka penggalang yang berpedoman pada juknis kegiatan.

“Saya yakin kontingen gerakan pramuka kwarcab Barito Utara mampu bersaing dalam kegiatan tersebut, dengan memegang prinsip, sportifitas yang tinggi, menjaga kedisiplinan dan semangat yang kuat, memacu keterampilan yang tinggi dan mengikuti lomba sesuai juknis kegiatan,” imbuhnya.

Wabup Sugianto Panala Putra juga yakin kontingen gerakan pramuka kwarcab Barito Utara yang telah melakukan persiapan latihan pemantapan secara terus menerus dan diharapkan dari hasil persiapan tersebut bisa dan mampu untuk mewakili Provinsi Kalteng pada lomba tingkat V regu pramuka penggalang tingkat nasional tahun 2023 pada tanggal 14-19 Juni 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur.

“Untuk itu saya berpesan kepada kontingen gerakan pramuka kwarcab Barito Utara untuk selalu menjaga kesehatan dan membagi waktu sebaik-baiknya supaya dapat mengikuti kegiatan dengan baik, mengikuti arahan panitia penyelenggara sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Wabup menambahkan jadikanlah kegiatan lomba tingkat IV ini sebagai penguji kemampuan, keterampilan, dan kecakapan yang kalian latih selama ini, sehingga mampu untuk memotivasi diri menjadi pramuka yang handal, cerdas, mandiri serta sukses sehingga menjadi harapan kita semua dan juga bagi orang tua kalian,” menjadi pemimpin yang baik akan datang.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Barito Utara Syahmiludin A Surapati mengatakan pada lomba tingkat IV penggalang tersebut diikuti 8 regu penggalang putra dan 8 regu putri penggalang dari Gudep 01.005-01.006 MTsN Muara Teweh.

“Dalam kegiatan lomba tersebut Kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Barito Utara mengikuti 32 cabang lomba. Semua cabang lomba kita ikuti dalam lomba tingkat IV penggalang. Mohon doanya kepada kita semua mudah-mudahan anak-anak kita sehat dan meraih peringkat 1 pada semua mata lomba,” kata Syahmiluddin A Surapati yang juga Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara ini.

Usai melepas kontingen Kwarcab Barito Utara mengikuti lomba tingkat IV Penggalang, Wakil Bupati Barito Utara menyerahkan penganugerahan tanda penghargaan lencana pancawarsa kepada 21 orang di Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Barito Utara.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait