Wabup : Agama dan Negara merupakan suatu hubungan yang tak bisa dipisahkan

By kabarbor - January 25, 2023 |
Post View : 349
Views
IMG-20230128-WA0010

Muara Teweh – Agama dan negara merupakan suatu hubungan yang tak terpisahkan dan saling berhubungan terikat dalam bingkai persatuan Pancasila, dimana agama memberikan kerohanian dan kedamaian dalam berbangsa dan bernegara, sedangkan negara menjamin memeluk agama bagi setiap rakyatnya.

Hal tersebut diungkapkan Wakil bupati Sugianto Panala Putra pada peresmian gedung Lembaga Pengembangan Pesparawi (LPP) dan membuka Musda LPP Barito Utara di kompleks Gereja Imanuel Jalan Pendreh, Rabu (25/1/2023).

Dikatakan Wabup, pemerintah mendorong kepada setiap umat beragama untuk melaksanan tri kerukunan yaitu kerukunan intern antar umat beragama, kerukunan antar umat beragama dan kerukunan umat beragama dengan pemerintah.

“Karena itu, gereja dan pemerintah adalah mitra dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Pemerintah, agama, adat dan masyarakat harus harmonis, maka sebab itu marilah bkita bersama sama menyatukan pikiran dan jiwa kita untuk Kabupaten Barito Utara yang kita cintai ini,” kata Wabup Sugianto Panala Putra.

Wabup juga mengatakan, kegiatan Pesparawi bukan lagi hanya milik kalangan gereja saja, akan tetapi audah merupakan milik masyarakat, bahkan Pesparawi sesungguhnya merupakan wujud kesaksian kabar baik dari seluruh kalangan gereja.

Menurut Sugianto Panala Putra, Pesparawi bukan hanya mendengarkan suara merdu, melainkan juga menyampaikan puji pujian yang sarat akan makna kerukunan, keadilan, kesejahteraan dan sikap kemajemukan.

Oleh karena itu jelasnya lagi merupakan tanggungjawab Pemkab Barito Utara dan pengrus Lembaga Pengembangan Pesparawi Barito Utara untuk terus membina dan mengembangkan Pesparawi Barito Utara untuk terus berkarya dan berprestasi sehingga mengharumkan nama Kabupaten Barito Utara.

“LPP Barito Utara saya harapkan dapat lebih berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang memupuk dan menumbuhkan nilai nilai modernisasi beragama, toleransi serta kegiatan-kegiatan keagamaan yang dapat meningkatkan rasa cinta tanah air,” jelas Wabup.

Wabup Sugianto Panala Putra juga mengharapkan kerjasama LPP Barito Utara dengan Pemkab Barito Utara dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rohani masyarakat di daerah ini, demi terciptanya cita cita bersama demi mewujudkan Barito Utara yang maju, berakhlak dan bermartabat,” kata dia.

Dengan adanya gedung ini, Wabup berharap ada semangat baru, ada tekad baru dan komitmen baru untuk terus meningkatkan kaulitas kontingen Pesparawi Barito Utara.(Drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait