Survei Reakreditasi UPT Puskesmas Saripoi Diharapkan Dapat Hasil Paripurna

By kabarbor - November 23, 2023 |
Post View : 464
Views
IMG-20231130-WA0015

Puruk Cahu – Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (UPT Puskesmas) Saripoi Kecamatan Tanah Siang, Kabupaten Murung Raya menjalani survei re-akreditasi yang dilakukan oleh Tim Surveior dari Lembaga Penyelenggara Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna (LPA-PKP) di Puskesmas setempat di Kelurahan Saripoi, Kamis (23/11/2023).

Kepala UPT Puskesmas Saripoi dr.Simon Samosir menyebutkan survei akreditasi yang dilakukan oleh Tim Surveior dari LPA-PKP tersebut berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 23 sampai 26 November 2023.

“Survei ini dilakukan oleh lembagai LPA-PKP dengan dua orang surveyor, yaitu dr. Yogi Aktiandi dan Asiwei Tigoi dari TKSD UKM. Untuk proses reakreditasi ini pun kami harapkan dapat memperoleh hasil Paripurna,” ungkap dr.Simon.

Sementara itu Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon saat membuka kegiatan mengutarakan hasil penilaian tim survey tersebut bisa menjadi penyemangat bagi Puskesmas untuk terus memacu peningkatan Puskesmas, tidak saja dari sisi kuantitas petugasnya, tetapi juga kualitas petugasnya.

“Besar harapan kami, semoga hasil yang dicapai nanti sesuai dengan yang diharapkan bersama, bisa mendapatkan hasil Paripurna, karena akhir dari manfaat akreditasi adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Murung Raya,” kata Hermon.

Untuk UPT Puskesmas Saripoi, menurut Hermon termasuk dalam fasilitas pelayanan kawasan terpencil dan sampai hari ini UPT Puskesmas Saripoi merupakan Puskesmas ke-10 yang akan dilakukan Survei re-Akreditasi pada 2023 ini, dan dari Puskesmas yang sudah dilakukan Survei re-kreditasi ada dua Puskesmas yang sudah keluar sertifikatnya dan mendapatkan Predikat Paripurna.

”Kabupaten Murung Raya terdiri dari 10 Kecamatan dan mempunyai 15 Puskesmas dan sudah Ter-Akreditasi dari tahun 2017-2019 dengan hasil enam dasar dan sembilan madya. Untuk pembagian fasilitas pelayanan kesehatannya terdiri dari satu perkotaan, enam perdesaan, tiga terpencil dan lima sangat terpencil,” tutur Hermon.

Dalam kesempatan tersebut juga Hermon berharap Puskesmas dapat memberikan informasi yang sebenar-benarnya, demi untuk mendapatkan gambaran seberapa besar input, proses dan output yang ada di puskesmas selama ini, demi untuk perbaikan dimasa-masa yang akan datang, sehingga pada akhirnya pegawai Puskesmas dan masyarakat pada umumnya bisa mewujudkan Puskesmas yang berkualitas menuju Murung Raya Emas tahun 2030.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya, dr. Suwirman Hutagalung, unsur Tripika Kecamatan Tanah Siang, tokoh masyarakat kecamatan setempat dan yamu undangan lainnya. (Mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait