Siapkan Mental dan Sikap Kelulusan Pertama, SMK Maharati Gelar Program Bintalsik Pre-Graduation

By kabarbor - February 10, 2024 |
Post View : 365
Views
IMG-20240213-WA0001

KALTENG – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Maharati yang merupakan binaan Yayasan Bina Harati dari PT Pama Persada Nusantara ini menggelar program atau kegiatan pembinaan mental dan fisik (Bintalsik) sebagai upaya pembinaan untuk meningkatkan sikap mental dan karakter bagi para siswa yang akan lulus.

Kegiatan ini merupakan program divisi kesiswaan dengan diikuti peserta Didik Kelas XII, Guru SMK Maharati, Kodim 1011/Kuala Kapuas di area SMK Maharati, Desa Buhut Jaya, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah pada 29 Januari – 3 Februari 2024 lalu.

Bagus Dwi Wicaksono selaku Waka Kesiswaan SMK Maharati mengatakan, kegiatan Bintalsik ini merupakan rangkaian dari pre graduation program SMK Maharati untuk Kelas XII tahun ajaran 2023/2024 (Angkatan 1).

Tujuan dari kegiatan bintalsik ini adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan 4 karakter dasar yang wajib dimiliki oleh siswa SMK Maharati sebagai bekal mereka masuk didunia kerja. Ke 4 karakter tersebut adalah Disiplin, Hormat, Daya Juang, dan Bersih.

“Setelah hampir satu minggu siswa kelas XII menempuh materi Bintalsik dari TNI, YBHP, maupun tim SMK Maharati, kegiatan tersebut ditutup dengan outbond dan pentas seni yang sangat meriah. Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan kesan yang baik serta dapat meningkatkan karakter disiplin, hormat, bersih, dan dengan daya juang yang tinggi sebagai bekal setelah mereka lulus nanti,” kata Bagus, Sabtu (10/2/2024).

Sementara itu, Aris Dianto selaku Kepala SMK Maharati menyampaikan, kegiatan Bintalsik ini merupakan rangkaian Pre Greduations yang sudah di programkan oleh sekolah.

“Harapannya, setelah kegiatan ini peserta didik SMK Maharati Khususnya Kelas XII mempunyai karakter unggul dan sikap positif nantinya yang menjadi bekal untuk bekerja, melanjutkan dan berwirausaha. Kegiatan Bintalsik ini kedepannya bukan hanya untuk siswa saja, tetapi guru atau tenaga kependidikan lainnya juga perlu,” ungkapnya.

Kapten Infanteri Jupri Warsianta berpesan agar para siswa yang telah mengikuti Bintalsik ini bisa menjadi pribadi yang disiplin dan punya rencana waktu bila ingin meraih kesuksesan.

“Untuk itu, ikuti aturan dan petuah dari para guru, karena pada dasarnya para guru itu menginginkan semua muridnya adalah berhasil,” imbuhnya. (drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait