PT PAMA District BEKB Bersama Pemkab Barut Adakan Pelatihan Alat Berat NPE

By kabarbor - March 1, 2024 |
Post View : 425
Views
IMG-20240301-WA0005

Barito Utara – PT. Pamapersada Nusantara District Bharinto Ekatama Biyangan (BEKB) bersama Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranskop UKM) mengadakan pelatihan alat berat non production equipment (NPE) yang resmi ditutup di Site PT PAMA area Benangin, Kecamatan Teweh Timur, Senin (29/02/2024).

Arif Setyo Nugroho selaku CSR Section Head PAMA BEKB mengatakan, kegiatan pelatihan alat berat NPE ini dilaksanakan untuk menyerap masyarakat khususnya pemuda di sekitar operasional perusahaan agar mendapatkan lapangan pekerjaan di area perusahaan.

“Pelatihan NPE kali ini diikuti sebanyak 25 orang peserta terdiri 12 orang peserta dari Benangin Kabupaten Barito Utara, dan 13 orang peserta dari Kabupaten Kutai Barat dengan lama pelatihan selama 3 (Tiga) bulan, 1 bulan teori dan 2 bulan praktek,” kata Arif Setyo Nugroho.

Disampaikannya, kegiatan pelatihan ini terselenggara atas kerjasama PT PAMA, PT KOG dengan Dinas Nakertranskop UKM Kabupaten Barito Utara.

Penutupan pelatihan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Nakertranskop UKM, M Mastur yang diwakili oleh Kepala Bidang Ketenaga kerjaan Disnakertranskop UKM Barito Utara Ronald Aprianto dan dihadiri oleh pimpinan manageman PT PAMA BEK Benangin, serta instruktur dan peserta pelatihan.

Setelah resmi di tutup para peserta pelatihan melaksanakan Sign Contract dan dapat segera di tampung untuk bekerja di perusahaan PT. KOG yang ditempatkan di PT. PAMA site BEKB.

“Dengan adanya program pelatihan ini, kita harapankan dapat mengurangi angka pengangguran, khususnya di area Ring I perusahaan,” jelas Arif.

Hal ini lanjut dia, dapat menciptakan hubungan yang harmonis antara perusahaan dan masyarkat yang berada pada wilayah operasional perusahaan.

Dikatakannya, kegiatan peningkatan skill sumber daya manusia memiliki arti yang sangat penting dilakukan, baik terhadap tenaga kerja, maupun kemampuan berusaha masyarakat melalui koperasi dan UMKM di Kabupaten Barito Utara dan Kutai Barat.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara Ronald Aprianto mengungkapkan sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan ini diadakan, karena dapat mengakomodir angkatan kerja serta dapat memberdayakan pemuda di Kabupaten Barito Utara khususnya di wilayah Ring I.

“Kami melihat para peserta pelatihan ini didominasi para pemuda atau kaum millennial, sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pemuda saat ini merupakan generasi yang diharapakan dapat memiliki daya juang dan bisa mengkaryakan kemampuannya secara optimal saat dalam masa prima,” tukasnya.

Ia juga mengatakan, generasi millennial mempunyai lebih banyak keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk itu kepada kaum millennial di Kabupaten Barito Utara dan Kutai Barat, agar terus tingkatkan kompetensi pengetahuan, wawasan dan keterampilan.

Kegiatan ini ditutup secara simbolis dilanjutkan mobilisasi peserta pelatihan untuk melakukan tanda tangan kontrak kerja. Hal ini merupakan bentuk nyata komitmen dari PT. Pamapersada Nusantara untuk mengembangkan pemuda dan angkatan kerja khususnya di area Ring I perusahaan. (Drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait