Pj Bupati Resmikan Balai Kesenian Tingang Tampuk Jariangau

By kabarbor - November 23, 2023 |
Post View : 68
Views
IMG-20231124-WA0070

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis meresmikan Balai Kesenian Tingang Tampuk Jariangau dan Pengukuhan Pokdarwis Antai Bekeruku dan pembukaan sosialisasi Sadar Wisata Sapta Pesona Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang, Kamis, (23/11/2023).

Hadir pada kesempatan tersebut, anggota DPRD Barito Utara, unsur FKPD, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh, staf ahli bupati dan asisten sekda, kepala perangkat daerah, camat Gunung Timang, kepala desa dan ketua BPD se Kecamatan Gunung Timang, Damang, Mantir Adat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, ketua sanggar kesenian Tingang Tampuk Jariangau dan undangan lainnya.

“Pada hari ini kika akan meresmikan Balai Kesenian Tingang Tampuk Jariangau, saya berharap dengan telah dibangun dan diresmikannya balai kesenian ini nantinya mampu mendorong, memotivasi dan meningkatkan kreatifitas masyarakat untuk menginterpretasikan kembali tradisi budaya di daerah setempat,” kata Pj Buapti Muhlis, Kamis (23/11/2023).

Hal itu kata dia agar lebih bergairah dalam menciptakan kesenian daerah yang inovatif serta menjadi sarana bagi pelaku seni dan budaya untuk terus berkarya menggali dan melestarikan adat, budaya serta kesenian daerah.

Lebih lanjut Pj Bupati, selain pemanfaatan balai kesenian, pemerintah daerah juga berharap pemeliharaan dan perawatan agar balai ini tetap terjaga.

Sementara Kadis Budparpora Barito Utara Hj Annisa Cahyawati mengatakan bahwa kegiatan ini adalah merupakan salah satu implementasi tugas dan fungsi Disbudparpora Barito Utara dalam pembangunan sektor pariwisata.

“Dan kegiatan ini juga merupakan salah satu implementasi proyek perubahan yang saat ini sedang kami ikuti sehubungan dengan PKN II angkatan XXIX Angkatan XXIX BPSDM Kemendagri RI tahun 2023,” kata Hj Annisa Cahyawati.

Dikatakannya, bahwa ini sesuai dengan rancangan proyek perubahan bahwa kami diminta membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) minimal dalam jangka pendeknya 3 (tiga) Pokdarwis. “Dan Alhamdulillah pada hari ini sudah tiga Pokdarwis sudah terbentuk dan diharapkan nanti Pj Bupati dapat mengukuhkan Pokdarwis tersebut,” kata Hj Annisa.

Sebelumnya kata Hj Annisa untuk kegiatan sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona telah dilaksanakan dan diikuti sebanyak 34 orang dan juga diikuti pengurus desa dan tokoh pemuda, tokoh masyarakat sesuai dengan tufoksi Pokdarwis tersebut.

Kadis Budparpora juga momohon kepada Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis nantinya untuk meresmikan Balai Seni Budaya Tingang Tampuk Jariangau yang mana ini merupakan aspirasi dari anggota DPRD Barito Utara Hj Rujana Anggraini.

“Terima kasih kepada ibu Hj Rujana Anggraini, dimana beliau selama ini sudah memberikan suport kepada Budparpora untuk pembangunan sektor pariwisata di daerah ini,” kata Hj Annisa Cahyawati.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait