Peringati HLHS, PAMA BEKB Gandeng Forum CSR TCM-BEK Gelar Aksi Kurangi Sampah Plastik di SMAN 1 Teweh Timur

By kabarbor - June 7, 2023 |
Post View : 309
Views
IMG-20230620-WA0022

Barito Utara – Untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS), PT Pamapersada Nusantara menggandeng Forum Coorporite Sosial Responsibility (CSR) PT. Trubaindo Coal Mining (PT. TCM) dan PT. Bharinto Ekatama (PT. BEK) untuk menggelar Aksi Kurangi Sampah Plastik bersama unsur pendidikan di SMAN 1 Teweh Timur, Rabu (07/06/2023).

Adapun Aksi Kurangi Sampah Plastik ini terdiri dari berbagai rangkaian acara, yaitu adalah Seminar Kurangi Sampah Plastik, Lomba Poster Lingkungan, dan Lomba Kerajinan Sampah Plastik yang diikuti oleh siswa-siswi SMAN-1 Teweh Timur.

Arif Setyo Nugroho selaku CSR Section Head PT Pamapersada Nusantara Jobsite BEKB mengatakan, pihaknya memilih unsur pendidikan karena berharap generasi muda bisa memberikan dampak lebih positif lagi kepada behaviour improvement (perubahan perilaku) kepada masyarakat di sekitarnya.

Aksi kurangi sampah plastik ini diharapkan dapat menjadi sebuah gerakan yang tidak hanya memberikan manfaat positif kepada orang yang melakukannya, namun kepada orang lain dan juga bagi lingkungan sekitar.

“Ini merupakan salah satu realisasi program kegiatan Pama. Karena Pama memiliki lima pilar program, yaitu pengembangan ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan sosial budaya. Kegiatan ini merupakan salah satu contoh program yang menciptakan kolaborasi antara unsur pendidikan dan lingkungan, karena dengan adanya kegiatan ini diharapkan generasi muda dapat berdampak lebih kepada masyarakat di sekitarnya,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dibuka secara simbolis oleh Camat Teweh Timur, Drs Walter yang menyambut baik kepedulian perusahaan dibawah Astra Group ini, karena sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di wilayah ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada PT PAMA dan perusahaan lain khususnya Forum CSR TCM-BEK yang terlibat dalam aksi kurangi sampah plastik di SMAN 1 Teweh Timur kali ini. Kami berharap ini bisa menjadi awal bagi perubahan perilaku masyarakat untuk semakin peduli dengan lingkungan,” kata Walter.

Hal sama dikemukakan Sersan Juna dari Koramil Teweh Timur, beliau juga berharap agar kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya hidup sehat dan peduli akan lingkungan, salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan dari sampah plastik.

Selain itu, Sersan Juna juga memberikan motivasi dan menyampaikan materi terkait semangat kebhinekaan kepada siswa-siswi SMAN 1 Teweh Timur, Ia meminta para pelajar yang hadir untuk kembali melihat tugas dasar kewarganegaraan. “Sebagai upaya wujudkan cinta Tanah Air, kita punya basis konstitusi yang jelas terkait semangat bela negara,” jelasnya.

Ia kemudian memberi pemahaman praktis tentang bela negara bagi pelajar. “Apa bentuk bela negara bagi pelajar? Sederhana saja. Belajar dengan baik, tidak terlibat narkoba, tidak tawuran antarpelajar dan sebagainya,” katanya. (Drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait