Pengamanan Pilkades, Kapolres Murung Raya Pimpin Apel Gelar Pasukan dan Sarpas

By kabarbor - June 7, 2023 |
Post View : 295
Views
IMG-20230618-WA0041

Puruk Cahu – Polres Murung Raya bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya menggelar apel gelar pasukan dan sarpas dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Kegiatan ini dilaksanakan di GPU Tira Tangka Balang. Kapolres Murung Raya AKBP Irwansah bertindak sebagai Inspektur upacara, hadir juga dalam kesempatan ini unsur Forkopimda Mura, Camat se-Murung Raya, stakeholder terkait serta seluruh peserta apel, Rabu (7/6/2023).

Kapolres Murung Raya AKBP Irwansah menuturkan, tahun 2023 Kabupaten Murung Raya akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa di 35 desa, 9 kecamatan dan 48 TPS.

“Dalam menyelenggarakan Pilkades ini tentunya dilaksanakan melalui pentahapan-pentahapan yang telah disusun oleh panitia Pilkades yang bersinergi dengan Instansi/ Perangkat terkait sehingga Pilkades ini dapat berjalan dengan tertib lancar dan terwujudnya Pilkades yang adil,” kata Kapolres Murung Raya Irwansyah.

Lanjutnya, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan untuk itu POLRI di bantu TNI, Pemerintah Daerah dan Stakeholders terkait lainnya akan melaksanakan pengamanan kegiatan Pilkades pada tanggal 9 Juni 2023 dengan jumlah personil pengamanan sebanyak 197 personel yang terdiri dari 71 personel POLRI, 30 personel TNI dan 96 anggota LINMAS.

Dikatakannya, pengamanan ini diselenggarakan dengan mengedepankan kegiatan Upaya Preventif dan Preemtif yang didukung kegiatan intelijen penegakan hukum melalui penggelaran fungsi-fungsi tugas yang telah diamanatkan.

“Untuk menghadapi tugas pengamanan pilkades di Kabupaten Murung Raya 2023 ada beberapa hal yang ingin saya tekankan untuk menjadi pedoman dan dilaksanakan. Siapkan fisik dan mental, hindari sikap dan tindakan yang tidak simpatik, jaga netralitas selaku aparat keamanan, lakukan pergelaran kekuatan pada titik-titik rawan, agar menjaga netralitas panitia, tingkatkan kerja sama melalui komunitas,” pungkas Irwansyah. (mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait