Pemkab Mura Ikuti Penilaian Kinerja dan Pameran Inovasi Penurunan Stunting

By kabarbor - May 31, 2023 |
Post View : 343
Views
IMG-20230618-WA0027

Puruk Cahu – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) mengikuti acara Penilaian Kinerja Kabupaten/Kota Tahap 2 dan Pameran Inovasi Stunting Dalam Pelaksanaan Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting 2023, Rabu (31/5/2023).

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo membuka acara tersebut, dan dalam sambutannya mengatakan, percepatan penurunan stunting menjadi salah satu agenda prioritas Nasional dan daerah termasuk Kalteng, guna mempercepat pembangunan Sumber Daya Manusia yang cerdas, sehat, dan berdaya saing.

“Mengingat masalah stunting dapat menjadi penghambat dari pembangunan manusia Indonesia yang cerdas dan produktif, maka dalam pelaksanaannya diperlukan sebuah penilaian kinerja untuk mengevaluasi pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting yang dilakukan Pemerintah kabupaten/kota, dengan menggunakan instrumen penilaian berdasarkan indikator dan periode waktu yang ditetapkan,” kata Wagub.

Lebih lanjut Wagub menambahkan, upaya pencegahan stunting membutuhkan keterpaduan penyelenggaraan intervensi gizi dan kelompok sasaran prioritas.

Wagub berharap seluruh pemangku kepentingan dapat berkomitmen dengan segera merumuskan langkah strategis dalam mengimplementasikan lima pilar Strategi Nasional, sekaligus menjalankan program strategis dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sehingga menjadikan target penurunan prevalensi stunting sebagai salah satu indikator kinerja Kepala Daerah dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.

Sementara itu di sela kegiatan, Wakil Bupati Mura Rejikinoor mengatakan, penilaian kinerja ini bertujuan untuk mengukur tingkat kinerja Pemerintah daerah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting memastikan akuntabilitas kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting.

“Semoga kegiatan ini menjadi momentum bagi kita semua khususnya Pemkab Mura dan stakeholder terkait dalam menyamakan persepsi, menyatukan gerak dan langkah, serta dapat meningkatkan sinergisitas dan penyelarasan tata laksana dan ketercapaian program penurunan stunting guna mewujudkan Murung Raya Emas 2030,” pungkas Rejikinoor. (mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait