Pemkab barito Utara Laksanakan Kegiatan Forum Satu Data Indonesia

By kabarbor - February 12, 2024 |
Post View : 373
Views
IMG-20240212-WA0013

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melaksanakan kegiatan Forum Satu Data Indonesia, di aula BappedaLitbang Muara Teweh, Senin (12/2/2024).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Setda Bidang Administrasi Umum, H yaser Arapat dan dihadiri Asisten Setda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Eveready Noor, Kadis Kominfo M Iksan, mewakili Kepala BappedaLitbang, kepala perangkat daerah dan undangan lainnya.

Pj Bupati Muhlis dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan H yaser Arapat mengatakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi dewasa ini telah berdampak pada perubahan-perubahan yang mendasar yang membawa bangsa indonesia menuju paradigma baru memasuki era teknologi informasi dan komunikasi.

“Teknologi informasi komunikasi tersebut diarahkan pada ketersediaan jaringan informasi dan data yang menghubungkan instansi pemerintah dalam rangka otomatisasi pelayanan umum, dimana pelayanan umum yang cepat, profesional, transparan, dan lebih mudah merupakan harapan dari seluruh masyarakat kita,” kata dia.

Dikatakannya, sebagai bagian dari pelayanan umum, penyelenggaraan Satu Data Indonesia dalam pemanfaatan data statistik sektoral di Kabupaten Barito Utara merupakan salah satu aktifitas yang sangat diharapkan dan akan menjadi prioritas dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

Dalam beberapa tahun terakhir, kebutuhan akan adanya data yang akurat dalam perencanaan pembangunan baik tingkat pusat maupaun daerah sangatlah diperlukan dengan tujuan agar perencanaan pembangunan dapat lebih terukur.

“Saya berharap semoga pemanfaatan data statistik sektoral dalam mensukseskan perencanaan pembangunan menjadi suatu keharusan semenjak disahkannya Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang satu data indonesia,” katanya.

Maka jelasnya lagi pemanfaatan data statistik sektoral yang akurat dalam perencanaan pembangunan khususnya di Kabupaten Barito Utara akan berdampak terhadap penyelenggaraan pembangunan yang lebih maju sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa pada pertengahan tahun 2022 yang lalu, Kabupaten Barito Utara telah mengembangkan aplikasi portal data statistik sektoral, yang fungsinya untuk menampung berbagai jenis data statistik sektoral yang dimiliki oleh setiap prangkat daerah.

“Oleh karena itu pada hari ini, dilaksanakanlah kegiatan forum satu data indonesia tingkat Barito Utara yang membahas tentang pentingnya data statistik sektoral yang akurat, dari masing-masing perangkat daerah terkait sebagai produsen data,” ucapnya lagi.

Yaser juga mengatakan begitu pentingnya penginputan data statistik sektoral yang akurat pada aplikasi portal data statistik sektoral Barito Utara pada laman (www.satudata.baritoutarakab.go.id), dan betapa pentingnya peningkatan mutu serta kualitas data statistik sektoral Kabupaten Barito Utara dalam upaya untuk mencapai target maksimal penilaian evaluasi penyelenggaran statistik sektoral (EPSS) yang dilaksanakan setiap tahun.

“Saya meminta kerjasama, keterlibatan, dan kesungguhan dari semua pihak terutama para kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Barito Utara agar dapat mengkoordinir para petugas yang telah ditentukan untuk selalu aktif dalam penginputan data statistik sektoral,” katanya lagi.

Diharapkan forum yang dilaksanakan pada ini, memberikan pemahaman bagi kita semua bahwa data itu sangatlah penting untuk menentukan berbagai macam kebijakan. “Jadi saya berharap pada forum ini akan mendapatkan serta menyajikan data-data yang dibutuhkan dalam portal satu data di Kabupaten Barito Utara,” pungkasnya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait