KPU Barito Utara Rapat Pleno Terbuka Perolehan Suara Pada Pemilu 2024

By kabarbor - March 1, 2024 |
Post View : 393
Views
IMG-20240301-WA0000

Muara Teweh – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara (KPU Barut) melaksanakan rapat pleno terbuka perolehan suara pada pemilu tahun 2024, di gedung Balai Antang Muara Teweh, Kamis (29/2/2024).

Rapat pleno terbuka dihadiri Pj Bupati Muhlis, Wakil Ketua II DPRD, Sastra Jaya, unsur FKPD, Ketua Pengadilan Negeri Barito Utara, Ketua Pengadilan Agama Barito Utara, Kepala Perangkat Daerah, Camat se Barito Utara, partai politik (Parpol), PPK se Barito Utara, dan undangan lainnya.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua KPU Kabupaten Barito Utara beserta jajarannya yang mana telah melaksanakan rangkaian tahapan pemilu serentak tahun 2024 ini dengan baik,” kata Pj Bupati Muhlis.

Dikatakan Muhlis bahwa dalam mewujudkan segala proses tahapan pemilu yang baik ini tidak terlepas dari kerjasama dari semua pihak baik dari Bawaslu, TNI-Polri, kepala perangkat daerah, instansi vertikal dan semua pihak yang turut andil dalam mensukseskan rangkaian tahapan pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Barito Utara.

“Setelah tadi kita telah menyimak sambutan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara, yang telah menyelesaikan beberapa tahapan kegiatan pemilu tahun 2024 di Kabupaten Barito Utara, Alhamdulillah pelaksanaan sesuai program, tahapan dan jadwal yang ditetapkan oleh komisi pemilihan umum republik indonesia,” ucap Muhlis.

Dijelaskannya, pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu kita semua bersama-sama telah melaksanakan pemilihan umum meskipun ada salah satu TPS yang melaksankan pemilihan umum ulang, namun secara umum semuanya berjalan lancar sesuai harapan kita bersama.

“Dan pada hari ini tidak terasa Kamis tanggal 29 Februari 2024 rapat pleno terbuka hasil perolehan suara pada pemilihan umum tahun 2024 di tingkat Kabupaten Barito Utara bisa terlaksana dan harapan kita kegiatan ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan damai,” imbuhnya.

Pj Bupati Muhlis juga berharap dengan terpilihnya pemimpin negara dan wakil rakyat, negara kita menjadi lebih baik dimasa mendatang baik itu di bidang pendidikan, bidang penguatan hukumdan keadilan sosial juga dibidang penerapan nilai-nilai pancasila.

“Dan untuk Kabupaten Barito Utara yang kita cintai ini kita harapkan kedepannya menjadi lebih kuat, masyarakat sehat dan ekonomi tumbuh pesat. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan pengahargaan setinggi-tingginya kepada KPU, Banwaslu, TNI, Polri, perangkat daerah dan instransi terkait lainnya juga para PPK, PPS maupun KPPS yang telah bekerja keras, bekerja ikhlas dan bekerja tuntas selama pemilihan umum tahun 2024 ini,” kata Muhlis.

Ketua KPU Barito Utara Siska Dewi Lestari mengatakan pada hari ini KPU Barito Utara melaksanakan tahapan pemilu yaitu rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada Pemilihan Umum tahun 2024 tingkat kabupaten Barito Utara.

“Saya atas nama KPU Kabupaten Barito Utara menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Barito Utara, TNI dan Polri atas dukungannya dan kerjasamanya selama tahapan Pemilu 2024 terkhususnya di Kabupaten Barito Utara,” kata Siska.

Sehingga kata dia pemilu di daerah ini bisa berjalan terlaksana dengan baik lancar tertib dan aman. Terima kasih pula kepada Bawaslu Barito Utara yang telah bersinergi selama tahapan Pemilu.

Dikatakan Ketua KPU, proses penyelenggaraan pemilu tahun 2024 tingkat Kabupaten Barito Utara sudah melalui proses yang panjang dan berliku dimulai dari pendataan pemilih kemudian pendaftaran partai politik, pencalonan hingga pemungutan dan penghitungan suara.

“Kami KPU Kabupaten Barito Utara telah bekerja selama ini dengan mempedomani undang-undang pemilu, keputusan KPU serta peraturan lainnya. Rekapitulasi ini merupakan tindak lanjut dari rekapitulasi perolehan suara dari tingkat kecamatan yang sudah kurang lebih dilaksanakan selama 10 hari kemarin yang dilaksanakan oleh panitia pemilihan kecamatan di 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Utara,” katanya.

Dirianya juga meminta dan memohon doanya agar jalannya proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kabupaten Barito Utara pada hari ini berjalan dengan lancar aman dan tertib.

“Mari kita junjung tinggi sportivitas dan kami menyiapkan ruang-ruang khusus untuk menyampaikan saran dan masukkan tetapi ada tata tertibnya. Sekali lagi kami sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas jasa semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pemilu tahun 2024 in,” pungkasnya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait