Jembatan Sikan – Tumpung Laung Di Desain Ulang

By kabarbor - May 25, 2023 |
Post View : 342
Views
IMG-20230525-WA0033

Muara Teweh – Bupati barito Utara H Nadalsyah mengatakan pada hari ini kembali kita melaksanakan pemancangan lanjutan tiang jembatan Sikan – Tumpung Laung Kecamatan Montallat.

“Ini adalah pemancangan tiang lanjutan dan ini bagian dari redisain jembatan Sikan – Tumpung Laung. Kenapa ada proses redesain jembatan ini, karena kemarin pernah juga ada pemancangan tiang, hanya lebar 100 meter yang sering terjadi insiden ditabrak tongkang batu baraa,” kata Bupati H Nadalsyah usai pemancangan tiang lanjutan pembangunan jembatan Sikan – Tumpung Laung, Kamis (25/5/2023).

Namun kata Nadalsyah, setelah dikaji, alus air di sini tidak merata, sehingga dari desain sebelumnya 100 meter menjadi 240 meter. “Jembatan ini nantinya tidak ada lagi tiang tengah dan mungkin jembatan ini merupakan jembatan terlebar bentanganya di DAS Barito,” kata H Nadalsyah.

Kenapa jembatan ini dibangun oleh Pemkab Barito Utara,. Karena kata Bupati, jembatan ini dibangun hanya semata-mata untuk keperluan masyarakat Kabupaten Barito Utara khususnya masyarakat Tumpung Laung di Kecamatan Montallat.

“Jembatan ini dibangun untuk memperpendek jarak tempuh masyarakat dari kecamatan Montallat menuju Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah. Pada tahun 2017 kita sudah membuka jalan tembus ini, dan sekarang bisa sudah bisa dilalui oleh masyarakat,. Dengan jarak tempuh sekitar 3,5 jam,” kata Nadalsyah.

Bupati Nadalsyah juga berharap nantinya ada pergantian pimpinan Kalimantan Tengah aspirasi masyarakat di DAS Barito ini bisa didengar.

Terus terang kata H Koyem panggilan akrab Bupati, jembatan ini seharusnya sudah selesai dibangun dan diresmikan oleh saya dan pak Wabup sebelum masa jabatan kami berdua berakhir, akan tetapi dikarenakan adanya janji dari Pemprov Kalteng untuk membantu pembangunan jembatan ini sehingga dibatalkan karena terpaut masalah dana.

Dan kata H Koyem lagi, pada awal tahun 2020-2021 pembangunan jembatan ini tertunda untuk pelaksanaannya karena adanya Covid 19. Sehingga anggaran untuk pembangunan jembatan ini dianggarkan untuk pencegahan Covid-19.

“Dan Alhamdulillah, pada tahun 2023 ini, atas doa warga masyarakat di kabupaten Barito Utara ini, anggaran Pemkab Barito Utara naik secara signifikan pada tahun ini. Sehingga kita bisa menganggarkan kembali pembangunan lanjutan jembatan Sikan–Tumpung Laung ini,” imbuhnya.

Koyem juga mengatakan walapun kami berdua pak Wakil Bupati sudah tidak menjabat lagi sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah, kami mohon kepada ibu Ketua DPRD dan seluruh anggota DPRD barito Utara untuk melanjutkan dan menyetujui anggaran yang dimohon oleh Pj maupun pejabat definitif setelah kami nanti.

“Sehingga pada tahun 2024 dan 2025 akhir jembatan Sikan Tumpung Laung ini betul-betul fungsional dan dapat digunakan masyarakat luas. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada unsur pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Barito Utara yang telah menyetujui usulan Pemkab Barito Utara terkait dengan penganggaran terkhusus untuk infrastruktur,” kata Nadalsyah.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait