Jalan Lingkar Buper Panglima Batur akan Dilakukan Perbaikan

By kabarbor - April 16, 2024 |
Post View : 398
Views
IMG-20240416-WA0004

Muara Teweh – Setiap libur hari besar keagamaan ataupun libur hari Sabtu dan Minggu, tiga objek wisata unggulan yang ada di wilayah Kabupaten Barito Utara (Barut) selalu dipadati para pengunjung baik dari kota Muara Teweh maupun dari luar kota.

Tiga objek wisata unggulan Barito Utara yaitu Air Terjun Jantur Doyam di KM 17 Jalan Negara Muara Teweh-Puruk Cahu, DAM Trinsing di Desa Trinsing dan Bumi Perkemahan (Buper) Panglima Batur Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan.

Objek wisata yang serig dikunjungi warga masyarakat di daerah setempat yaitu Buper Panglima Batur. Dimana untuk masuk ke tempat wisata Buper Panglima Batur hanya satu jalan yang digunakan.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Utara, Hj Annisa Cahyawati mengatakan bahwa pihaknya selama ini dalam pembangunan khususnya di sektor kepariwisataan melakukan kerjasama dengan dinas instansi terkait artinya untuk kita menyikapi atau membijaksanai anggaran khususnya untuk sapras pariwisata dengan melakukan kolaborasi dan bersinergi dengan dinas terkait di Barito Utara seperti Dinas PUPR, BappedaLitbang, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Kita berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas PUPR, DLH, BappedaLitbang dan dinas dinas lainnya, sehingga selama ini dengan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik tersebut cukup memberikan suport dalam pembangunan sarana dan prasarana khususnya di bidang pariwisata di tiga objek wisata yang diungglkan Barito Utara,” kata Hj Annisa Cahyawati, di Muara Teweh, Selasa (16/4/2024).

Selain itu juga kata Kadis Budparpora pihaknya berkolaborasi dengan legislatif Kabupaten Barito Utara yang juga sangat memberikan perhatian terhadap pembangunan kepariwisataan di daerah ini.

Dikatakannya, terkait dengan jalan yeng menuju objek wisata, termasuk jalan lingkar yang ada di Bumi Perkemahan Panglima Batur, nantinya pihak Disbudparpora akan dibantu oleh Dinas PUPR Barito Utara.

“Insya Allah tahun ini (triwulan II) jalan lingkar di Buper Panglima Batur akan dilakukan pembenahan-pembenahan di beberapa titik yang mengalami kerusakan atau yang mengganggu lalu lintas bagi para pengunjung yang keluar dan yang akan masuk ke objek wisata Buper Panglima Batur.

Lebih lanjut Kadis Budparpora menjelaskan bahwa pihaknya akan berusaha pada hari-hari besar keagamaan mendatang kegiatan perbaikan jalan masuk sudah selesai dikerjakan dan bisa dilalui oleh para pengunjung. Jadi kita nantinya akan berlakukan dan diatur sedemikian rupa dan jalan akan menjadi dua jalur jalan masuk dan jalan keluar dari Buper Panglima Batur.

“Rencana nanti untuk jalan masuk ke Buper Panglima Batur melalui Pintu Gerbang yang ada lambang Pramuka dan untuk jalan keluarnya melalui jalur di sebelah bawah melalui irigasi yang sering digunakan untuk jalan keluar masuk ke Buper,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Barito Utara, M Iman Topik di Muara Teweh, Selasa (16/4/2024) mengatakan untuk penanganan jalan lingkar di Buper Panglima Batur akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2024 ini.

“Pembenahan yang akan dilakukan yaitu di spot-spot yang rawan yang sangat parah nantinya akan dilakukan rigit oleh Dinas PUPR dan seluruh jalan masuk melalui pintu gerbang Pramuka tersebut akan disapu menggunakan alat berat Dinas PUPR dan akan dilapisi dengan agregat (pengerasan jalan),” kata Kadis PUPR Barito Utara, M Iman Topik.

Kedepannya kata Kadis PUPR, di hari-hari besar keagamaan maupun hari libur Sabtu dan Minggu khususnya untuk objek wisata Buper Panglima Batur untuk jalan masuk melalui pintu gerbang Pramuka dapat dilalui para pengunjung setelah dilakukan penanganan.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait