FBIM 2023 Resmi Ditutup, Karnaval Budaya Murung Raya Raih Juara I

By kabarbor - May 27, 2023 |
Post View : 311
Views
IMG-20230528-WA0040

Puruk Cahu – Gelaran budaya terbesar di Kalimantan Tengah (Kalteng), Festival Budaya Isen Mulang 2023 (FBIM 2023) berakhir, Sabtu (27/5/2023) malam.

Kontingen Kota Palangka Raya kembali menjadi Juara Umum pada FBIM 2023 ini karena terbanyak meraih gelar juara pada lomba-lomba tradisional khas Dayak Kalteng yang dipertandingkan dalam ajang ini.

Penutupan Festival Budaya Isen Mulang 2023 ini bertempat di GOR Serbaguna Palangka Raya, secara resmi ditutup Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo dalam gelaran meriah bertajuk Beauty of Diversity (Indahnya Keberagaman).

Di puncak acara, Kepala Disbudpar Kalteng, Adiah Chandra Sari mengumumnkan pemenang Karnaval Budaya adalah Kabupaten Murung Raya meraih Juara I, Kabupaten Lamandau Juara II dan Kotawaringin Timur Juara III.

Adapun pemenang Karnaval Budaya untuk kategori Perangkat Daerah (PD) dimenangi Dinas Perkimtan Kalteng, Dinas PUPR Kalteng dan Dinas Kehutanan Kalteng. Sedangkan kategori umum dan kampus, pemenangnya adalah Universitas Palangka Raya, KSBN, dan IAHN Tampung Penyang.

“Terima kasih atas kerja keras semua pihak, peserta, koordinator, pendamping, panitia dan semua yang terlibat, Murung Raya memperoleh prestasi terbaik, walau kita masih belum juara umum, tapi seluruh tim telah menampilkan yang terbaik, selamat kepada para Juara, semua yang dilakukan sebagai dharma bhakti untuk Murung Raya yang jaya dan sejahtera,” tutur Sekda Kab. Murung Raya, Hermon.

Sementara itu, Ketua rombongan kontingen Murung Raya Ferdinand Wijaya dalam kegiatan FBIM 2023 ini mengucapkan terima kasih dan selamat atas usaha dan perjuangan seluruh peserta/kontingen Murung Raya, berada di peringkat 4 yang memperoleh Juara I sebanyak 4 kali, Juara II sebanyak 4 dan juara III sebanyak 1.

“Walaupun target kita untuk menjadi juara umum tidak tercapai. Kita masih bersyukur dapat yang terbaik Juara I untuk lomba bergengsi yakni Karnaval Budaya. Kami melihat saat ini persaingan untuk mendapat yang terbaik di semua kategori lomba sangat ketat, hal ini terlihat dari merata nya perolehan medali untuk semua Kabupaten/ Kota,” katanya.

Ferdinand Wijaya yang juga selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Mura, berharap ke depannya kita harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin dengan waktu persiapan/latihan yang lebih lama dan intensif. Meningkatkan kreativitas dan inovasi untuk kategori lomba seni, serta mempersiapkan properti lomba yang terbaik.

“Kami melihat ke depan Murung Raya memiliki potensi yang sangat besar untuk meraih juara umum, karena kita memiliki kualitas SDM yang mumpuni khususnya dibidang seni dan tradisi budaya nya. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas usaha dan perjuangan tim kontingen Murung Raya, selamat bertanding lagi di tahun-tahun depan,” pungkas Ferdinand Wijaya. (mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait