Disnakertranskop UKM Barut Laksanakan 25 program kegiatan pelatihan di Tahun Ini

By kabarbor - April 26, 2023 |
Post View : 398
Views
IMG-20230426-WA0005

Muara Teweh – Pada tahun anggaran 2023 ini, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranskop UKM) Kabupaten Barito Utara akan melaksanakan sebanyak 25 program kegiatan dimasing-masing bidang di Dinas Nakertranskop UKM setempat.

Kepala Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara, M Mastur diruang kerjanya, Rabu (26/4/2023) mengatakan pada tahun anggaran 2023 ini, pihaknya ada sebanyak 25 program kegiatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan vokasional.

“25 program dan kegiatan itu ada di masing-masing bidang yang ada di Disnakertranskop UKM. Untuk bidang Koperasi ada 6 (enam) kegiatan, bidang Naker dan BLK ada 9 (sembilan) kegiatan, dan bidang Transmigrasi ada 3 (tiga) kegiatan dan bidang UKM ada 7 (tujuh) kegiatan pelatihan yang akan di laksanakan,” kata M Mastur.

Adapun ke 25 program kegiatan tersebut, pelatihan perkoperasian I dan II, pelatihan akuntansi I, II dan III, pelatihan manajemen usaha koperasi, pelatihan operator komputer muda I dan II. “Program pelatihan ini masuk dalam bidang koperasi,” kata Mastur.

Kemudian katanya, pelatihan menjahit pakaian dengan mesin I, II dan III, pelatihan komputer desain grafis I dan II, pelatihan barbershop dan pelatihan operator alat berat. Pelatihan ini masuk dalam bidang Naker dan BLK.

Untuk bidang UKM kata Mastur meliputi pelatihan budidaya kelulut I dan II, pelatihan pengolahan makanan ringan berbahan singkong dan ubi, budidaya ayam petelor, pelatihan digitalisasi pemasaran, pelatihan kewirausahaan bagi pelaku UMKM dan pelatihan kerajinan anyaman rotan berbahan dasar rotan.

“Dan untuk pelatihan budidaya jamur tiram, pelatihan kewirausahaan dan pemasaran produk jagung masuk dalam bidang Transmigrasi,” kata dia.

Mastur menambahkan bahwa, pada tanggal 10 Mei 2023 nanti akan dilaksanakan pembukaan pelatihan operator komputer muda I, menjahit pakaian dengan mesin I dan II dan pelatihan barbershop yang rencananya akan di gelar di aula BappedaLitbang Muara Teweh.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait