Dinkes Barito Utara Gelar Pertemuan Koordinasi Germas

By kabarbor - September 12, 2023 |
Post View : 293
Views
IMG-20230912-WA0022

Muara Teweh – Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara (Dinkes Barut) menggelar kegiatan pertemuan koordinasi Germas tingkat Kabupaten Barito Utara, Selasa (12/9/2023) disalah satu aula Cafe dalam kota Muara Teweh.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Asisten Sekda bidang perekonomian dan Pembangunan H Gazali, Kepala Dinas Kesehatan, mewakili Dinas Pendidikan, mewakili Polres, anggota tim Germas dan undangan lainnya.

Sekda Barito Utara Drs Muhlis melalui Asisten Sekda H Gazali mengatakan dalam rangka mensukseskan Germas, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat.

“Mulai dari indipidu, keluarga dan masyarakat dalam mempraktekan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan dan organisasi profesi dalam menggerakan anggotanya untuk berperilaku sehat,” kata H Gazali.

Pemerintah kata dia, baik ditingkat pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya di lapangan.

Dikatakan Asisten Sekda, peran tim pembina Germas Kabupaten dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan khususnya penyakit tidak menular cukup besar.

Mengingat kata dia dalam tiga tahun ini persentasi yang mendapatkan pelayanan kesehatan penyakit tidak menular di Kabupaten Barito Utara masih fluktuatif. Untuk penyakit Diabetes Militus tahun 2020 yang mendapatkan layanan sekitar 78 persen.

Kemudian, pada tahun 2021 yang mendpatkan layanan menurun hanya 59 persen dan tahun 2022 terjadi peningkatan 93 persen yang mendapatkan layanan. Untuk penyakit Hipertensi pada tahun 2020 yang mendapatkan layanan 69 persen, tahun 2021 yang mendapatkan layanan meningkat 78 persen dan tahun 2022 terjadi penurunan hanya 52 persen.

“Ini artinya masih banyak masyarakat di Kabupaten Barito Utara yang kurang kesadarannya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan baik dengan pengobatan maupun mengubah pola hidup,” ucanya.

Lebih lanjut Gazali, pertemuan Koordinasi Germas tingkat Kabupaten Barito Utara ini diharapkan tim pembina Germas Kabupaten Barito Utara dapat meningkatkan koordinasi dan advokasi sebagai upaya untuk mendapatkan komitmen dan dukungan perangkat daerah.

“Dan diharapkan juga kepada tim pe,mbina Germas dapat menjalankan tugas pokok, fungsi dan kewenangan masing-masing dengan rasa tanggungjawab,” kata dia.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan koordinasi dan advokasi tim pembina Germas Kabupaten Barito Utara dalam rangka pelaksanaan kegiatan Germas sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan kewenangan masing-masing.

“Kegiatan pertemuan diikuti peserta sebanyak 25 orang terdiri dari lintas sektor dan lintas program yang merupakan anggota Tim Germas Kabupaten Barito Utara. Metode yang digunakan adalah pemaparan dan diskusi,” katanya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait