Dinas PUPR Barut Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Kerja Konstruksi

By kabarbor - June 15, 2023 |
Post View : 317
Views
IMG-20230616-WA0030

Muara Teweh – Pemkab Barito Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat menggelar pelatihan dan sertifikasi kompetensi kerja konstruksi. Dimana dalam kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 33 orang peserta dari penyedia jasa dan pegawai Dinas PUPR setempat.

Kegiatan pelatihan tersebut di laksanakan selama 3 hari dari tanggal 12-14 Juni 2023, di aula Bappedalitbang Muara Teweh. Selama dua hari dilaksanakan pemberian materi dari DPD Perkumpulan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (Pertahkondo) Provinsi Kalimantan Tengah dan satu hari dilaksanakan peninjauan lapangan dan praktek penggunaan alat theodolit water past.

Kepala Dinas PUPR Barito Utara M Iman Topik dalam sambutannya saat membukan kegiatan tersebut sangat menyambut baik dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan dan sertifikasi kompetensi kerja konstruksi.

“Karena kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat bagi pembangunan di Kabupaten Barito Utara khususnya sektor jasa konstruksi,” kata Iman Topik.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memenuhi ketentua UU RI Nomor 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi, dimana salah satu kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota pada sub-urusan jasa konstruksi yaitu penyelenggaraan pelatihan tenaga terampil konstruksi.

“Kami berharap kegiatan ini betul betul dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para pelaku jasa konstruksi sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian masing-masing,” kata Kadis PUPR.

Pada kesempatan itu Kadis PUPR menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas PUPR Provinsi Kalteng atau yang mewakili, Ketua DPD Pertahkindo Kalteng, narasumber yang telah datang untuk menghadiri dan melaksanakan kegiatan ini.

“Kami berharap kegiatan ini bukanlah kegiatan terakhir tapi merupakan awal dari kegiatan kerjasama kita selanjutnya,” ucap Kadis PUPR M Iman Topik.

Sementara Bupati Barito Utara H Nadalsyah memerintahkan kepada Dinas PUPR Kabupaten Barito Utara untuk membuat perencanaan kontinyu dalam rangka peningkatan kompetensi sumber daya aparatur diberbagai bidang ke PUan baik yang bersifat teknis maupun kompetensi yang non teknis,.

“Hal ini sebagai syarat dalam memenuhi standar kegiatan yang dilaksanakan. Dan diiharapkan kedepannya dengan adanya pelatihan dan sertifikasi ini Dinas PUPR Barito Utara memiliki tenaga-tenaga yang profesional dalam bidang keteknisan,” kata Bupati H Nadalsyah.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait