Dinas Pertanian Barito Utara panen bersama semangka tanpa biji di Desa Kemawen

By kabarbor - December 2, 2023 |
Post View : 383
Views
IMG-20231204-WA0001

Muara Teweh – Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara (Distan Barut) melaksanakan panen bersama dan temu wicara dengan Kelompok Tani (Poktan) Keluarga Sepakat di Desa Kemawen Kecamatan Montallat, Sabtu (2/12/2023) pekan kemarin.

Kadis Pertanian Barito Utara Ir Sugeng mengatakan pada lahan yang di tanami ini ada sekitar 1500 tanaman semangka non biji. Rata-rata satu bijinya bisa mencapai berat 7-8 kilogram.

“Apabila rata-rata 1500 tanaman dilakilan perbiji 8 kg akan menghasilkan 13 ton semangka. 1 kg harga penjualan mencapai Rp8000, hingga Rp13.000,” kata Sugeng.

Panen bersama yang dilaksanakan oleh Bidang Hortikultura pada Dinas Pertanian ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Ir Sugeng, Sekretaris Distan Ir Husnul Khotimah Adhiyati, Kabid Hortikultura Akhmad Priadi, Bidang Perternakan, UPT KM 17, Kasubag Umpeg, serta Ketua Poktan Keluarga Sepakat.

Sugeng juga mengatakan, tanaman ini adalah dari jenis hortikultura bantuan pemerintah daerah diantaranya adalah dalam bentuk bibit dan memberikan bantuan dalam bentuk alat mesin pertanian.

“Tanaman jenis hortikultura ini di salurkan oleh pemerintah daerah bukan hanya bibit saja akan tetapi juga memberikan bantuan alat pertanian,” ucapnya.

Kadis Pertanian sangat mengharapkan, tanaman hortikultura ini bukan hanya ada di Desa Kemawen saja akan tetapi bisa berkembang di daerah lain juga.

“Semoga tanaman seperti semangka tanpa biji ini bisa berkembang juga di daerah lain di Kabupaten Barito Utara,” kata mantan Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan ini.

Selain itu juga Sugeng menambahkan, penen ini bukan yang pertama kalinya akan tetapi ini adalah panen yang ke 5 dengan jumlah 240 tanaman semangka dengan dengan 12 bedeng (tanaman satu jalur). Kurang lebih 2800 batang dengan ukuran lahan 40×130 meter.

“Kelompok Tani Keluarga Sepakat ini selain menanam tanaman semangka juga menanam jenis komoditi yang lain seperti melon, labu, kacang panjang dan mentimun dengan luas total lahan kurang lebih 5 hektar.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait