Dedy Irawan : Pangan Barito Utara Salah Satu Penyangga IKN

By kabarbor - January 19, 2023 |
Post View : 238
Views
IMG-20230120-WA0019

Muara Teweh – Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kemterian Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Dedy Irawan mengatakan merasa bangga apa yang telah dilakukan oleh Bupati Barito Utara H nadalsyah bersama jajarannya dan melakukan terobosan yang luar biasa dalam menjaga ketahanan pangan dan pertanian di daerah setempat.

“Padi intani ini merupakan padi hibrida. Dan pada musim taman yang lalu kita menanam padi inbrida. Dan musim tanam ke dua ini kita menanam padi hibrida,” kata Dedy pada panen raya padi sawah varietas Intani di lahan kelompok tani Mitra Laba Desa Paring Lahung Kecamatan Montalat, Kamis (19/1/2023) kemarin.

Dedy menjelaskan, bahwa perbedaan antara padi Inbrida dan hibrida adalah terkait dengan benihnya. Musim tanam kemarin menurut informasi adalah Invari 3.2, masih bisa ditanam benihnya tetapi untuk Intani ditanam kembali tidak bisa akan tetapi potensi menghasilkan padi cukup tinggi.

“Kami dari BPTP sesuai dengan tugas dan fungsinya melakukan penyebaran informasi pertanian spesifik lokasi,” kata Dedy.

Pasalnya kata dia, rekam jejak BPTP di Barito Utara sangat baik sekali. Kemitraan pihaknya dengan Pemkab Barito Utara dan juga dengan Dinas Pertanian sangat baik dalam mengawal program-program strategis Kementerian, khususnya program yang meningkatkan daya saing komunitas pertanian seperti jagung.

“Saat ini sedang berjalan program kosra tani yang melibatkan pemberdayaan yang terkait dengan penyuluhan dan kelompok tani. Kami hadir disini dalam rangka memberikan dukungan itu, Insya Allah kami terus menjaga, mengawal, kegiatan pendampingan penerapan teknologi tepat guna spesifik lokasi di Wilayah Barito Utara,” ucapnya.

Selain itu juga jelas Dedy, di tahun 2023 ini akan ada program yang bersifatnya penjajaan bibit dan benih tanaman yang sesuai dengan spesifik lokasi.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Komisaris Utama PT Mitra Barito Grup Akhmad Gunadi. Ini adalah program CSR yang sangat bagus sekali. Ini bisa menjadi contoh dan kepedulian kita memberdayakan masyarakat sekitar sosial di sektor pertanian yang mungkin perlu di berikan penguatan-penguatan,” imbuhnya.

Dedy menambahkan, BPTP Kalteng, siap bekerjasama dan bermitra kepada ibu bapak dalam penyediaan inovasi teknologi.

“Salam hormat juga dari pimpinan kami di Kementerian, mudah-mudahan Kabupaten Barito Utara tetap semakin maju, tetap jaya dengan komunitas pertaniannya. Karena kita tau bahwa Barito Utara adalah penyangga pangan Ibu Kota Negara (IKN). Dan ini adalah salah satu peluang untuk memanfaatkan itu. Semoga kerja sama akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait