Bupati Nadalsyah Restocking 73 ribu Benih Ikan di DAM Trinsing

By kabarbor - July 7, 2023 |
Post View : 325
Views
IMG-20230707-WA0011

Muara Teweh – Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah melaksanakan restocking atau penebaran 73 ribu benih ikan di DAM Trinsing Kecamatan Teweh Selatan, Kamis (7/7/2023). Penerbaran benih ikan ini dihadiri Wakil Bupati, Sekda, kepala perangkat daerah dan undangan lainnya.

Adapun jenis ikan yang di restocking yaitu 17 ribu ikan baung, 10 ribu ekor ikan bentok, 10 ribu ikan gurami, 10 ribu ikan jelawat dan 26 ribu ikan patin.

“Restoking merupakan salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum,” kata bupati H Nadalsyah usai restocking, Kamis (7/7/2023).

Selain itu juga kata bupati restocking ini bertujuan meningkatkan stok populasi ikan, melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan, meningkatkan produksi ikan guna pemenuhan gizi bagi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan nelayan melalui peningkatan pendapatan yang merata dan kesempatan kerja tambahan dari sektor perikanan.

Menurut Nadalsyah agar kegiatan restoking dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, maka perlu dilakukan langkah-langkah yang kongkrit seperti pengaturan dan pembatasan penangkapan dengan menutup sementara bagian perairan tertentu untuk memberikan kesempatan tumbuh dan berkembangnya ikan-ikan muda,

Kemudian pengaturan kegiatan penangkapan dengan peraturan daerah dan pengaturan adat, larangan menangkap ikan dengan alat dan bahan yang berbahaya serta larangan menangkap ikan pada jenis dan fase tertentu.

Pengelolaan, pengendalian, pembinaan dan pengawasan yang intensif baik dari pemerintah, kelompok nelayan, kelompok masyarakat pengawas dan penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang melakukan pelanggaran ilegal fishing.

Selanjutnya kata Nadalsyah memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar selalu menjaga dan melestarikan sumber daya ikan dan ekosistemnya.

“Saya berpesan agar dalam melakukan restoking hendaknya menghindari rusaknya ekosistem yang ada dan menghindari punahnya ikan-ikan lokal asli yang ada di perairan umum,” ucap Nadalsyah.

Nadalsyah juga mengatakan semoga pemanfaatan perairan umum seperti danau dan rawa yang ada di wilayah Kabupaten Barito Utara secara maksimal dengan tetap menjaga agar sumber daya perikanan terus stabil dan berkelanjutan untuk anak dan cucu kita di masa mendatang.

“Saya juga berpesan agar kegiatan pengelolaan perikanan melalui penebaran ikan di perairan umum dijadikan salah satu agenda rutin di Pemerintah Kabupaten Barito Utara,” kata H Koyem panggilan akrab Bupati.

Serta katanya melalui kegiatan restoking ini diharapkan kedepan perairan umum di Kabupaten Barito Utara tetap lestari, populasi ikan akan meningkat, dan produksi tangkapan nelayan bisa bertambah.

Bupati Nadalsyah juga mengajak semua masyarakat di Kabupaten Barito Utara untuk saling bergandengan tangan, bersatu padu dan menyatukan potensi yang di miliki untuk membangun Kabupaten Barito Utara ini secara sungguh-sungguh dalam suasana yang kondusif di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan ini.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait