Bupati Murung Raya Pimpin Apel Hardiknas 2023

By kabarbor - May 2, 2023 |
Post View : 248
Views
IMG-20230524-WA0033

Puruk Cahu – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya gelar apel memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023.

Bupati Murung Raya (Mura) Perdie M. Yoseph memimpin langsung upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional diikuti seluruh Perangkat Daerah (PD) dan puluhan pelajar SMA yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati, Selasa (2/5/2023).

Bupati Mura Perdie M. Yoseph membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim. Dimana menyoroti sejumlah isu pendidikan di tanah air, terutama perjalanan 3 tahun pelaksanaan program Merdeka Belajar.

Hal itu selaras dengan tema Hari Pendidikan Nasional 2023. Kemdikbudristek telah mengumumkan bahwa tema Hardiknas 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.”

Menurutnya, selama tiga tahun terakhir, perubahan besar telah terjadi dari ujung barat sampai ujung timur setelah 24 episode Merdeka Belajar diluncurkan di Indonesia.

“Hal tersebut membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” ucap Perdie.

Tambah Perdie, anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri para Kepala sekolah dan Kepala Daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Lanjutnya, para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi kelas dengan hadirnya kurikulum Merdeka.

“Maka sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun disampaikannya sekarang fokus mengukur kemampuan literasi dan bernalar,” ucapnya.

Pada jenjang perguruan tinggi, mahasiswa yang dahulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar Kampus dengan hadirnya program kampus merdeka. (Mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait