Bupati Mura Sambut Kedatangan Dandim 1013/Mtw

By kabarbor - July 27, 2023 |
Post View : 376
Views
IMG-20231205-WA0012

Puruk Cahu – Bupati Murung Raya (Mura), Perdie M. Yoseph menyambut kedatangan Dandim 1013/Mtw, Letkol Inf Agussalim Tuo beserta istri Yuanita Kurniawati di halaman rumah jabatan bupati, Kamis (27/7/2023)
Penyambutan tersebut berlangsung meriah, Dandim 1013/Mtw, Letkol Inf Agussalim Tuo turun dari mobil langsung disambut oleh anak pramuka, sejumlah tentara, dan ibu persit yang bertepuk tangan sekaligus menyanyikan lagu selamat datang dengan ramai serta gembira.
Tak habis sampai disitu kemudian setibanya tepat dihalaman depan pintu rujab, Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Agussalim Tuo disambut lagi dengan tarian penyambutan khas adat dayak.
Usai disuguhkan tarian Dandim 1013/Mtw harus melewati rutual penyambutan tamu disebut dengan Ngehak Hompong dengan mendengarkan lagu kandan, meminum tuak khas dayak kemudian memotong lamang menggunkan mandau dan terakhir memotong pantan barulah membagi buah – buahan yang diletakan disitu yaitu kelapa, nanas, pepaya, papaken, puak, mangga dan lain – lain.
Sehabis melewati ritual ngehak hompong barulah Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Agussalim Tuo menyampaikan sambutan, ia menghanturkan ucapan terimakasih dan apresisasinya atas penyambutan secara adat yang dianggapnya sangat luar biasa.
“Terimakasih atas penyambutan dengan tradisi yang luar biasa dan diterima langsung oleh Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph. Ini sebuah penghargaan serta kehormatan bagi kami, maksud tujuan kedatangan sebagai komandan kodim baru untuk melaksanakan tugas di Kabupaten Murung Raya,” ujar Letkol Inf Agussalim
Sementara, Bupati Mura Perdie M.Yoseph dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Agussalim Tuo, S. H., M. IP di Kabupaten Murung Raya yang dijuluki dengan Kota Emas (Elok, Mandiri, Aman, dan Sejahtera).
“Kami ucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Agussalim Tuo yang secara minoritas formal wilayah tanggungjawanya adalah Kabupaten Murung Raya,” ujar Bupati
Setelah menyampaikan sambutan Letkol Inf Agussalim Tuo kemudian diberi tapung tawar dan ditaburi sedikit beras kuning diatas kepala dan menginjak telur ayam kampung, barulah bersalaman dengan Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD Murung Raya, sejumlah Kepala OPD, unsur Forkopimda dan barulah mereka masuk bersama- sama kedalam rumah jabatan bupati.(mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait