Bupati Mura Lepas Peserta Festival Budaya

By kabarbor - July 31, 2023 |
Post View : 383
Views
IMG-20231205-WA0007

Puruk Cahu – Bupati Murung Raya (Mura), Perdie M.Yoseph secara resmi melepas peserta pestival budaya yang digelar dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Kabupaten Murung Raya yang ke 21 berlangsung di Komplek Pemda Mura, Senin (31/7/2023).
Kemudian terlebih dahulu dalam pawai festival budaya tersebut drumb band dari IPDN Pontianak Kalimantan Barat menampilkan atraksi memukau yang dimana mereka diundang oleh Bupati Murung Raya.
“Sengaja saya undang drumb band dari IPDN Pontianak Kalimantan Barat untuk memeriahkan festival budaya kita ini, karena saya juga lulusan angkatan pertama IPDN disana,” ujarnya.
Disisi lain ia juga berterima kasih terhadap dukungan semua pihak, kerja sama dan panitia pelaksana hingga festival budaya tersebut dapat dilaksanakan dan berjalan dengan lancar.
Sementara, ketua panitia festival budaya tersebut Ferdinand Wijaya yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Murung Raya dalam laporannya menyampaikan bahwa total peserta yang mengikuti pawai pestival budaya tersebut sebanyak 65 peserta.
“Total peserta yang mengikuti festival budaya ini sebanyak 65 peserta, dengan kategori 42 peserta SOPD/Kecamatan, 13 umum dan 10 sekolah,” ujar Ferdinand Wijaya.
Lanjutnya, ia menyebutkan juri karnaval budaya tersebut terdiri dari 3 orang, satu juri dari Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah dan dua orang dari Kabupaten Murung Raya.
Dan total hadiah yang nantinya akan dibagikan adalah sebanyak 60.000.000 (enam puluh juta rupiah untuk 3 katerogi peserta.
“ Masing – masing 20 juta rupiah persatu kategori, dengan jumlah dari 60 yang dibagi mennjadi juara I, II dan II, sehingga total jumlah juara ada 9 pemenang, mereka juga mendapatkan tropi dan piagam,” tutur ketua panitia festival budaya
Terakhir ia mengatakan tujuan digelarnya festival budaya ini untuk melestarikan budaya tradisional masyarakat dayak Murung Raya dan memperkenalkan kearifan lokal
Serta sebagai wadah bagi para seniman untuk menampilkan kreatifitas dan memotivasi untuk terus berkreasi termasuk sebagai sarana promosi budaya dan pariwisata.(mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait