Pemkab Mura Giatkan Gerakan Pangan Murah sebagai Upaya Stabilisasi Harga

By kabarbor - October 16, 2023 |
Post View : 389
Views
IMG-20231113-WA0003

Puruk Cahu – Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) melalui Dinas Ketahanan Pangan setempat melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) serta sebagai upaya stabilisasi harga di Stadion Mini Kota Puruk Cahu, Senin (16/10/2023).

Pj Bupati Mura melalui Plh Sekda Kab.Mura Serampang mengatakan, Gerakan Pangan Murah yaitu upaya Pemkab Murung Raya menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok di tingkat produsen dan konsumen serta memberikan kemudahan aksesibilitas pangan bagi masyarakat, pengendalian harga pangan menjelang hari besar keagamaan dan pengendalian inflasi.

Lanjut dia, ini langkah-langkah proaktif Pemerintah Daerah yang perlu didukung semua pihak dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan sekaligus aksesbilitas masyarakat dalam pemenuhan bahan pangan dapat memperoleh harga yang murah dan terjangkau serta membantu petani memperoleh harga yang layak.

“Saya mengimbau kepada masyarakat Murung Raya agar bisa memanfaatkan momentum ini untuk berbelanja guna memenuhi kebutuhan pangan keluarga, namun demikian, perlu juga kami ingatkan, berbelanjalah sesuai kebutuhan dan jangan berbelanja berdasarkan keinginan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab.Mura Yulianus menuturkan, dalam rangka antisipasi, mitigasi, dan pelaksanaan penanggulangan kekurangan pangan yang dapat berdampak pada terjadinya krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga, perlu dilakukan kegiatan Gerakan Pangan Murah yang mana pendanaannya ini berasal dari APBD murni Kabupaten Murung Raya.

Yulianus mengatakan, perkembangan data harga pangan strategis menunjukkan adanya kenaikan harga yang signifikan pada komoditas beras, baik beras medium atau beras premium sehingga diperlukan upaya salah satunya dengan melaksanakan Gerakan Pangan Murah secara masif untuk memberikan efek psikologis terhadap harga pangan khususnya beras, pemberian bantuan pangan beras bagi KPM, serta dengan adanya pemanfaatan dana daerah (dana tak terduga atau optimalisasi anggaran untuk mengendalikan harga beras nasional) antara lain melalui subsidi harga dan/atau transportasi.

“Sasaran dari Gerakan Pangan Murah ini adalah masyarakat yang rentan terhadapan ketahanan pangandan dampak dari inflasi. Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Murung Raya telah melakukan Kegiatan Gerakan Pangan Murah diantaranya Launching Gerakan Pangan Murah di Kecamatan Murung dilaksanakan bertepatan pada acara HUT ke-21 Mura, Gerakan Pangan Murah di desa kolam, Desa Saruhung, Soloi dan Gerakan Pangan Murah di Desa Tumbang Salio, Trans Bakanon dan Kelurahan Tambang Lahung, masyarakat menyambut dengan anusias,” tutur Yulianus. (Mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait