Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara Buka Pelatihan Operator Dump Truk

By kabarbor - November 11, 2023 |
Post View : 402
Views
IMG-20231112-WA0004

Muara Teweh – Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara (Kadisnakertranskop UKM Barut) M Mustur membuka secara resmi kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja di Barito Utara “Operator Dump Truck (DT)“, di Kelua Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (11/11/2023).

Dalam kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja tersebut diikuti sebanyak 20 orang peserta dan dilaksanakan di Kelua, selama 20 hari dari tanggal 8-28 November 2023.

Kepala Dinas Nakertranskop UMK Barito Utara, M Mastur dalam sambutannya mengatakan masalah pengangguran terbuka adalah masalah yang harus kita tanggulangi secara bersama-sama, yang mana sebagian penyebab dari meningkatnya pengangguran terbuka adalah tenaga kerja dengan tingkat pendidikan dan keterampilan atau skill yang rendah.

“Sehingga tidak mampu bersaing memasuki dunia kerja dan dunia usaha, maka hal ini menjadi salah satu perhatian yang serius dari Pemerintah Kabupaten Barito Utara,” kata Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara, Mastur, Sabtu (11/11/2023) saat pembukaan pelatihan.

Dikatakannya, dalam rangka percepatan pembangunan di bidang ketenagakerjaan sangat diperlukan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan dunia usaha, hal ini bagaimana upaya kita bersama untuk menyelenggarakan program pelatihan yang berbasis kompetensi dan produktifitas dalam kategori untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja sesuai dengan yang diamanatkan UU no 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

“Dan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara, melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara yakni melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi dan produktifitas tenaga kerja, sebagaimana pelatihan yang dilaksanakan ini, yaitu pelatihan operator dump truck (DT),” kata Mastur.

Pelatihan ini bekerjasama Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Kelua Mandiri di Kelua Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.

Lebih lanjut Kadis Nakertranskop UKM, pentingnya program dan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi dan produktivitas ini dilaksanakan dengan harapan dan tujuan adalah dengan pelatihan ini akan tercipta tenaga-tenaga kerja yang memiliki kompetensi, profesional dan berdaya saing.

“Sehingga nantinya mampu memasuki dunia kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan atau berwirausaha yang tentunya akan berdampak kepada meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan serta menurunnya angka pengangguran terbuka serta kemiskinan di Kabupaten Barito Utara,” kata dia.

Dirinya juga meminta agar program dan kegiatan pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar dan optimal sangat diperlukan dan dibutuhkan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, swasta dan masyarakat.

“Saya berpesan kepada instruktur atau supervisor/pembimbing di lapangan agar memberikan bimbingan dengan sabar, mudah dipahami dan dilaksanakan oleh semua peserta pelatihan, kemudian kepada semua peserta agar disiplin mentaati dan menjalankan aturan dan istruksi atau arahan yang telah diberikan/diberlakukan, baik menjaga kesehatan, keselamatan, ketertibanan dan keamanan serta kebersamaan selama kegiatan pelatihan berlangsung sampai dengan selesai,” pungkasnya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait