Bupati Buka Pemusatan Diklat Calon Paskibraka tahun 2023

By kabarbor - August 4, 2023 |
Post View : 317
Views
IMG-20230804-WA0006

Muara Teweh – Bupati Barito Utara H Nadalsyah melalui Asisten Sekda Bidang Adminstrasi Umum, H Yaser Arapat membuka secara resmi pemusatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibrtaka) tahun 2023, di Rumah Betang Muara Teweh, Jumat (4/8/2023).

Bupati H Nadalsyah dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Sekda, H Yaser Arapat mengatakan bahwa setiap tanggal 17 Agustus bangsa kita dari Sabang sampai Marauke dari tingkat provinsi, kabupaten/kota diwajibkan melaksanakan upacara peringatan detik-detik proklamasi.

“Sebagai generasi muda calon penerus pembangunan bangsa, terutama kepada anak-anakku pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) saya berharap jadilah pemuda yang gemar bekerja keras, kreatif, inovatif dan berahlak mulia untuk mencapai kemajuan bersama bagi bangsa dan negara, serta tetap berkomitmen menjaga keutuhan bangsa dan NKRI,” kata H Yaser Arapat.

Pada kesempatan tersebut, bupati melalui asisten sekda juga mengucapkan terima kasih kepada panitia dan pelatih yang telah bekerja keras mulai dari menyeleksi calon paskibraka hingga terpilih 49 orang siswa-siswi terbaik dari SMA/SMK/MAN, yang ada di Kabupaten Barito Utara.

“Dan untuk selanjutnya mendidik dan melatih anak-anak calon paskibraka selama 15 hari untuk siap mengemban tugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke 78 tahun 2023,” ucapnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa anggota paskibraka adalah pemuda-pemudi Barito Utara terbaik yang terpilih untuk mengibarkan bendera merah putih pada upacara tanggal 17 Agustus nanti.

“Kalian harus bangga, karena untuk menjadi paskibraka ini tidaklah mudah, semuanya melalui seleksi yang ketat dan yang terbaiklah yang terpilih. Berlatihlah secara sunguh-sungguh, karena hari ini kalian dinyatakan siap dan di didik sebagai calon pasukan pengibar bendera pusaka tahun 2023,” katanya lagi.

Sementara Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Barito Utara, Sayadi mengatakan pelaksanaan diklat calon Paskibraka tahun 2023 dilaksanakan selama 15 hari terhitung mulai tanggal 3 Agustus sampai dengan 17 Agustus 2023.

“Untuk tempat latihan dilaksanakan diarena Tiara Batara Muara Teweh pelatih utama dari Kodim dan dari Polres masing-masing dua orang dan dari instansi dua orang. Untuk pasukan pengawal dari Polres dan Kodim masing masing 3 orang asisten pendamping 2 orang,” kata Rayadi.

Selain itu kata dia, pelatih dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) 9 orang. 1 orang PPI tingkat nasional tahun 2019, 1 orang PPI tingkat Provinsi tahun 2021, 4 orang PPI tahun 2022 tingkat Provinsi Kalteng dan 3 orang PPI tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2022.

“Untuk tahun ini, calon paskibraka tingkat Kabupaten Barito Utara sebanyak 49 orang yang diambil dari 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Gunung Timang 1 orang, Teweh Baru 1 orang, Teweh Selatan 1 orang dan Kecamatan teweh Tengah 42 orang. Dari 49 orang yang terpilih tersebut, 4 orang diantaranya mewakili Barito Utara mengikuti Diklat Calon Paskibraka tingkat Provinsi Kalimantan tengah,” kata Rayadi.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait