Bupati Barito Utara H Nadalsyah Secara Resmi Membuka Batara Expo Tahun 2023

By kabarbor - August 9, 2023 |
Post View : 322
Views
IMG-20230810-WA0005

Muara Teweh – Bupati Barito Utara H Nadalsyah secara resmi membuka kegiatan Batara Expo Tahun 2023 dalam Rangka HUT ke 73 Kabupaten Barito Utara dan HUT ke 78 Kemerdekaan RI di Exs Lokasi Bandara Beringin Muara Teweh, Rabu (9/8/2023) malam.

Dalam kegiatan Batara Expo tersebut diikuti oleh seluruh SOPD lingkup Pemkab Barito Utara, instansi vertikal, 9 Kecamatan di Kabupaten Barito Utara, perusahan BUMN/BUMD dan para pelaku usaha UMKM dan Pasar Malam.

Dalam sambutannya Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan kegiatan Batara Expo terakhir dilaksanakan pada tahun 2016 yang lalu, dan sesudah itu tidak pernah dilaksanakan lagi ditambah pada awal tahun 2020 sampai dengan 2022 kita mengalami pandemi Covid-19 yang membuat ruang gerak kita serba terbatas.

“Alhamdulillah atas izin Allah SWT tahun 2023 ini kita dapat melaksanakan Batara Expo. Saya berharap melalui kegiatan ini, dapat mengintegrasikan promosi dan informasi produk-produk unggulan daerah dan memamerkan hasil-hasil pembangunan di berbagai sektor yang telah dicapai selama ini,” kata Bupat Nadalsyah.

Disamping itu Bupati Nadalsyah juga mengharapkan Batara Expo ini dapat menjadi media untuk menyajikan berbagai informasi penting mengenai data-data dan potensi sumber daya daerah bagi para pelaku usaha yang akan berinvestasi di Kabupaten Barito Utara.

“Tujuan lain yang tidak kalah pentingnya dalam penyelenggaraan Batara Expo ini adalah pemerintah daerah ingin di penghujung masa kepemimpinan kami, dapat memberikan sarana hiburan murah dan meriah yang bersifat edukatif dan rekreatif bagi seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Barito Utara,” kata dia.

Lanjut Nadalsyah, di era globalisasi dewasa ini, ditandai dengan persaingan dunia usaha yang semakin terbuka dan kompetitif. Hal ini jelas menuntut semua pelaku usaha untuk semakin meningkatkan kinerja dan kualitas produknya agar mampu menghadapi persaingan usaha serta lebih jeli dalam melihat peluang usaha/pasar yang ada dengan memantapkan jaringan usaha dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dewasa ini.

Nadalsyah juga mengatakan bahwa kondisi perekonomian nasional dewasa ini memang masih belum sepenuhnya dapat pulih dari kondisi pandemi covid-19, hal ini secara nyata berpengaruh pula terhadap semua bidang usaha perekonomian yang ada di masyarakat,” kata dia.

“Di Kabupaten Barito Utara pun ikut merasakan dampaknya, dimana banyak perusahaan-perusahaan yang berinvestasi pada sektor-sektor pertambangan dan perkebunan dan yang terpaksa harus menghentikan kegiatan usaha dan harus merumahkan para karyawannya untuk sementara waktu. Hal ini jelas sangat terasa pengaruhnya terhadap tingkat pertumbuhan perekonomian masyarakat,” kata dia.

Pemkab Barito Utara kata Nadalsyah jelas sangat mendukung dan mendorong berbagai upaya untuk perbaikan perekonomian tersebut agar kembali tercipta iklim usaha yang dapat berkembang secara kondusif.

Hal ini jelasnya lagi tentu akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat. Semakin maju dan berkembangnya dunia usaha di Barito Utara tentunya juga akan berpengaruh pula terhadap meningkatnya pendapatan masyarakat, lapangan kerja akan terbuka luas dan berbagai usaha terkait lainnya juga akan ikut berkembang.

“Sehingga menjadi modal penting dalam percepatan pencapaian program-program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara,” kata bupati Nadalsyah.

Pada kesempatan tersebut Bupati Barito Utara H Nadsalsyah melepas kontingen Kwartir Gerakan Pramuka Kabupaten Barito Utara mengikuti Raimuna Nasional Ke-XII di Cibubur Jakarta.

“Semoga Kontingen Barito Utara dapat mendapatkan hasil terbaik serta mengharumkan nama Kabupaten Barito Utara di Kancah Raimuna Nasional Ke-XII,” kata Bupati H Nadalsyah.

Sementara Ketua Panitia Batara Expo tahun 2023, Ir H Jainal Abidin mengatakan diadakannya Batara Expo tahun 2023 ini untuk memberikan dorongan, kesempatan dapat mengintegrasikan promosi dan informasi produk-produk unggulan dari Kabupaten Barito Utara.

“Dan memamerkan hasil-hasil pembangunan di berbagai sektor yang telah dicapai selama ini. Kegiatan Batara Expo di Kabupaten Barito Utara dilaksanakan selama 7 hari yaitu sejak tanggal 9- 15 Agustus 2023,” kata H Jainal Abidin.

Pada malam pembukaan Batara Expo, Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengundang Artis ibukota Kangen Band untuk menghibur masyarakat Kabupaten Barito Utara.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait