Barito Utara Miliki 3 Obyek Wisata Unggulan

By kabarbor - November 26, 2022 |
Post View : 6
Views
IMG-20221126-WA0002

Muara Teweh – Wakil Bupati Barito Utara (Wabup Barut) Sugianto Panala Putra mengharapkan dengan adanya kegiatan Gerakan Aksi Sapta Pesona di objek wisata Bumi Perkemahan Panglima Batur ini semakin mempererat dan menjalin koordinasi, sinergi yang baik demi kemajuan Kalimantan Tengah, terlebih khususnya Kabupaten Barito Utara.

Hal tersebut dikatakan Wabup Sugianto Panala Putra saat menyampaikan sambutan bupati Barito Utara H Nadalsyah pada kegiatan aksi Aksi Sapta Pesona di objek wisata Bumi Perkemahan Panglima Batur, Sabtu (26/11/2022).

“Pada hari ini kita melaksanakan gerakan aksi Sapta Pesona di objek wisata Bumi Perkemahan Panglima Batur dalam rangka mengimplementasikan Sapta Pesona di objek wisata sekaligus upaya pemberdayaan masyarakat sekitar destinasi wisata,” kata Wabup Sugianto Panala Putra.

Dikatakan Wabup Sugianto Panala Putra, Kabupaten Barito Utara mempunyai 3 (tiga) objek wisata unggulan yaitu Bumi Perkemahan Panglima Batur, DAM Trinsing dan Air Terjun Jantur Doyam.

Menurut Sugianto, gerakan aksi Sapta Pesona ini merupakan salah satu program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yaitu program Bersih, Indah, Sehat dan Aman, yang merupakan gerakan pelindung sosial bagi para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Untuk itu diharapkan kegiatan ini mampu menciptakan masyarakat destinasi pariwisata aktif dan terlibat langsung dalam mewujudkan destinasi pariwisata yang mencerminkan nilai-nila Sapta Pesona,” ucap Wabup Sugianto Panala Putra.

Lebih lanjut Sugianto, sebagai upaya adaptasi kebiasaan baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, program ini berujuan untuk mendorong para pelaku usaha pariwisata dan industri kreatif untuk meningkatkan kesiapan, mengantisipasi perubahan dan melakukan adaptasi agar dapat menarik kembali kepercataan dari wisatawan melalui empat aspek esensial di sektor pariwisata yaitu Kebersihan, Keindahan, Kesehatan dan Keamanan.

“Sadar Wisata didefinisikan sebagai sebuah konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi pengembangan kepariwisataan disuatu wilayah atau tempat,” kata Wabup.

Demikian halnya jelas Wabup lagi, dalam pembangunan bidang pariwisata yang akan dihadapkan pada dua sisi pendekatan program yaitu program pembangunan pariwisata yang ditujukan langsung kepada SDM yang menjadi stakeholder dan program pembangunan pariwisata yang ditujukan kepada SDM secara luas atau masyarakat umum khususnya disekitar destinasi pariwisata.

Wabup juga mengatakan bahwa Pemkab barito Utara telah menganggarkan untuk pembangunan sarana dan prasarana di objek wisata unggulan dan dengan adanya objek wisata unggulan bersih, indah, sehat dan aman diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung sehingga akan berdampak pada peningkatan PAD Barito Utara dan peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar tempat wisata.

Dalam kegiatan Gerakan Aksi Sapta Pesona di objek wisata Bumi Perkemahan Panglima Batur dihadiri Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Ramlah Ahmad Salamat Pelu dan jajaran, Wakil Ketua I DPRD Barito Utara Parmana Setiawan, Kepala Disbudparpora Barito Utara, kepala perangkat daerah, Camat Teweh Selatan, Kades Trahean, Kades Trinsing dan undangan lainnya.(ard)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait