Asisten 2 Kunjungi ke Beberapa Program Pemberdayaan PT BEK

By kabarbor - February 27, 2024 |
Post View : 300
Views
IMG-20240229-WA0006

Barito Utara – Assisten 2 Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Barito Utara, H Gazali didampingi perwakilan PT Bharinto Ekatama (PT BEK) Yusak selaku community development (CD) program, Sekcam, Danramil melakukan kunjungan dan peninjauan ke beberapa program pemberdayaan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten 2 mengunjungi stand pameran yang digelar bersamaan pada kegiatan pembukaan Musyawarah Pencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) di Kecamatan Teweh Timur, dengan menampilkan beberapa program PT BEK diantaranya, kelompok anyaman rotan di Desa Benangin 2, Senin, 22 Februari 2024 kemarin.

Ibu Ngaen selaku Ketua Kelompok Anyaman menjelaskan, bahwa program PT BEK yang dilaksanakan cukup membantu warga dalam pengembangan produk, dan peningkatan produksi dari anyaman rotan, setelah di bina oleh pihak perusahaan tambang batubara tersebut.

“Bahkan kedepannya pihak perusahaan akan melakukan inovasi produk yang dapat meningkatkan penjualan. Selain dijadikan produk souvenir oleh PT BEK, produk anyaman ini juga akan dijual secara online,” imbuhnya.

Perwakilan Managemen PT BEK, Kristinawati selaku Head CD BEK menjelaskan, setelah meninjau stand pameran, selanjutnya Asisten 2 juga mengunjungi kebun jagung dan peternakan ayam petelur di Desa Benangin 1.

“Begitu sampai di lokasi kebun jagung yang kebetulan sedang panen, pak Asisten sangat mengapresiasi yang luar biasa, bahkan langsung melaporkan secara langsung ke Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis. Setelah melihat hamparan jagung di area kurang lebih 8 hektar dan digunakan sebagai bahan pakan ayam yang di olah sendiri oleh kelompok,” terang Kristinawati, Rabu (27/2/2024).

Dalam hal ini lanjutnya, PT BEK juga menyediakan mesin pengolah jagung menjadi pakan ayam. Selain itu ayam yang sudah ada saat ini kurang lebih 2000 ekor. Dengan rincian 1000 ekor ditahun 2022 dan 1000 ekor di tahun 2023.

“Rencananya tahun 2024 ini akan ditambahkan kembali 3000, sehingga jumlahnya akan menjadi 5000 ekor,” jelas Kristin sapaan akrabnya.

Disampaikannya, PT BEK sangat berkomitmen untuk melaksanakan program pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Teweh Timur. Dan tentunya keberhasilan program ini ditentukan oleh peran aktif masyarakat yang ada di Desa Benangin 1, 2 dan Benangin 5.

“Untuk beberapa program seperti anyaman akan kita coba buka pasarnya dengan cara membawa kelompok ikut pameran di luar serta menawarkan produknya kepada pasar pasar di luar Benangin,” jelas Kristin.

Untuk produksi telur yang saat ini masih memenuhi kebutuhan di area Kecamatan Teweh Timur, namun nanti jika ayam petelurnya sudah mencapai 5000 ekor, maka akan di arahkan agar PT BEK beserta kontraktornya untuk membeli produknya.

Selanjutnya adalah turunan programnya dari kotoran yang ada akan di kelola secara baik untuk pupuk kandang yang bisa digunakan untuk pengembangan holtikultura yang hasilnya juga bisa di jual di area Kecamatan Teweh timur bahkan sampai ke Kabupaten Barito utara.

“Selain itu dapat memenuhi kebutuhan sayur-mayur di area kerja PT BEK dan kontraktornya,” tutup Kristinawati. (drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait