Apdesi bukan hanya Organisasi, tapi bisa menjadi sarana untuk bersinergi

By kabarbor - February 7, 2024 |
Post View : 383
Views
IMG-20240208-WA0002

Muara Teweh – Keberadaan organisasi Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Barito Utara sangat dirasakan oleh seluruh kepala desa di daerah setempat.

Ketua DPC APDESI Barito Utara, Paning Ragen mengatakan berdasarkan apa yang sudah dirasakan baik perkembangan kemajuan desa maupun kenaikan hak yang diterima oleh aparatur desa, hal ini tidak terlepas dari komitmen dan perhatian yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara.

“Semenjak tahun 2023, kenaikan Alokasi Dana Desa (ADD) mencapai 150 persen. Ini sangat luar biasa. Ini merupakan komitmen Bupati Barito Utara periode 2013-2023 H Nadalsyah yang putra terbaik Barito Utara,” kata Ketua Apdesi, Paning Ragen, yang juga Kepala Desa Bukit Sawit ini Rabu (7/2/2024) di gedung Balai Antang Muara Teweh.

Dikatakannya, DPC Apdesi tidaklah cukup hanya berterima kasih atau memberikan apresiasi semata akan tetapi kita ditangguhkan untuk memacu dan memicu peran dan fungsi Apdesi kedepannya untuk saling bersinergi, mengisi dan saling berbagi serta berkomitmen bersama untuk kemajuan Kabupaten Barito Utara yang sangat kita cintai ini.

Ia juga berharap agar semua pihak dapat berkolaborasi bersama Apdesi dan menjadi mentor untuk memberi nasehat, motipasi agar lebih bersemangat dalam membangun Barito Utara. “Tidak ada kata putus asa dalam membimbing dan membina para kepala desa dalam membina dan juga minta kepada penegak hukum bimbing dan bina kami agar tidak salah melangkah agar sesuai dengan aturan yang ada NKRI,” harapnya.

Paning Ragen juga mengatakan untuk seluruh pengurus dan anggota Apdesi, harapannya agar DPC Apdesi ini bukan hanya sekedar wadah atau organisasi tetapi bisa menjadi sarana untuk bersinergi. “Kita saling mengisi, apa yang kurang dan dimana yang lebih, kita saling berbagi agar Apdesi ini menjadi rumah kita dan dapat merumuskan apa yang menjadi masalah di desa,” katanya.

Dirinya juga mengharapkan nantinya, agar DPC Apdesi Kabupaten Barito Utara bisa memiliki Kantor Sekretariat sendiri, agar setiap permasalahan desa yang menjadi kendala pembanguan dapat diuraikan pemasalahannya di kantor Apdesi.

”Kami mohon dukungannya, agar secretariat kami ada di Kabupaten Barito Utara, dan menjadi rumah singgah desa kami. Saya juga bercita-cita agar nantinya ada barak khusus untuk menampung kepala desa yang lokasinya sangat jauh, dan bermohon agar rumah kami bisa bermamfaat bagi masyarakat dan Kabupaten Barito Utaraujarnya,” kata Paning Ragen.

Paning Ragen juga meminta untuk SDM dapat ditingkatkan dengan melalui bimbingan teknis dan sebagainya agar apatur desa dapat meningkat. “kami sadar sumber daya manusia di desa tidak mumpuni, ddan mohon dukungannya untuk SDM kami di desa,” cetusnya.

Ia menambahkan, Apdesi mengundang 3 (tiga) saudara tetangannya untuk menghadiri pengukuhan DPC Apdesi Barito Utara karena selama ini kita merasakan kita di anaktirikan. ”Ayo saudaraku dari Bartim, Barsel dan Mura kita berkomitmen dan siap mensukseskan Pilpres dan Pemilukada tahun 2024,” tukasnya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait