9 Tujuan dan 25 Sasaran RPD Barito Utara Tahun 2024-2026

By kabarbor - March 14, 2023 |
Post View : 351
Views
IMG-20230315-WA0010

Muara Teweh – Dalam rangka mewujudkan pembangunan daerah di Kabupaten barito Utara (Barut) dapat di implementasikan melalui 9 (sembilan) tujuan dan 25 sasaran Rencana Pembangunan daerah (RPD) Tahun 2024-2026 yang di fokuskan pada prioritas pembangunan.

“Tujuan rencana pembangunan daerah Barito Utara tahun 2024-2026 difokuskan pada 25 proritas pembangunan yaitu, peningatan infrastruktur wilayah, pembangunan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, peningkatan ekonomi yang berkelanjutan, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pendapatan serta mewujudkan ketentraman dan ketertiban pada masyarakat,” kata Wakil Bupati Sugianto Panala Putra saat membuka Musrenbang RKPD tahun 2024 diaula BappedaLitbang, Selasa (14/3/2023).

Selain itu kata Wabup, pelestarian lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan, penurunan angka stunting, kemiskinan dan kemiskinan ekstrim, tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik berbasis digital serta memperkuat kapasitas daerah penyangga ibu kota Negara (IKN).

Dikatakannya selain itu juga dalam mewujudkan tujuan pembangunan Kabupaten Barito Utara ditetapkan 25 sasaran pembangunan diantaranya, meningatnya kualitas dan kuantitas infrastruktur jalan dan jembatan, meningkatnya infrastruktur pedesaan dan pengembangan jaringan kelistrikan serta energi lainnya.

Berkembangnya jaringan telomonikasi dan informasi, meningkatnya minat wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun serta meningkatnya fasilitas pendidikan dan tenaga pendidik.

Lebih lanjut Sugianto Panala Putra, tugas yang dihadapi semakin berat, terlebih lagi dengan kondisi perekonomian global yang masih penuh dengan ketidakpastian, berbagai tantangan serta beban anggaran yang semakin besar masih akan kita hadapi.

“Untuk itu pada tahun 2024 yang akan datang, kreteria kegiatan prioritas pembangunnan perlu kita sepakati bersama,” ujar Wabup Sugianto.

Ditambahkannya, program prioritas pembangunan kabupaten harus pula terintegrasi dengan program provinsi dan pemerintah pusat, sehingga terwujud sinkronisasi dan sinergitas program yang lebih efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan pembangunan di daerah.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait