56 Pesrta se Barut Ikuti Seleksi GBN tahun 2023

By kabarbor - February 11, 2023 |
Post View : 335
Views
IMG-20230213-WA0005

Muara Teweh –Sebenyak 56 peserta dari 9 (sembilan) Kecamatan di Kabupaten Barito Utara (Barut) mengikuti seleksi Gita Bahana Nusantara (GBN) tahun 2023, di aula Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) setempat, Sabtu (11/2/2023).

Adapun ke 56 peserta yang mengikuti seleksi GBN tahun 2023 tersebut dari 4 (empat) orang perwakilan dari Gunung Timang, Teweh Selatan 4 (empat) orang, Teweh Baru 6 (enam) orang, umum 8 (delapan) orang diantaranya mahasiwa-mahasiswi berumur tidak lebih dari 22 tahun dan memiliki kreteria dan untuk Teweh Tengah yang mengikuti seleksi berjumlah 31 orang peserta.

Kepala Dinas Budparpora Barito Utara Hj Annisa Cahyawati mengatakan Gita Bahana Nusantara (GBN) telah memasuki tahun yang ke 14 semenjak tahun 2004. Dimana Kementerian Kebudayaan dan Ristek RI telah melaksanakan kegiatan tersebut dengan melibatkan putra-putri terbaik perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Dimana kata Kadis Budparpora, tim GBN akan bertugas bersama Tim Paskibraka pada peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara. Pemkab Barito Utara melalui Disbudparpora melaksanakan seleksi GBN setiap tahunnya. Dilanjutkan dengan pembinaan serta pelatihan bagi 4 (empat) orang perwakilan terpilih yang nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti seleksi di tingakat Provinsi kalmantan Tengah.

“Empat orang yang terpilih dengan nada Bass, Tenor, Alto dan Sopran akan mewakili Kabupaten Barito Utara pada seleksi di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah,” kata dia.

Lebih lanjut Annisa panggilan akrabnya, semenjak 2015 Kabupaten Barito Utara meraih juara umum setiap tahunnya. Tahun 2022 kembali Barito Utara meraih juara 1 pada kategori Sopran (Lolita handayani), Bass (Aulianur Fajri) dan Tenor (Danang Nugroho) sedangkan untuk Alto di raih Kabupaten Kapuas.

Kemudian kata dia, 4 orang yang berhasil akan menghimpun perwakilan Kalimantan Tengah untuk bergabung dengan perwakilan seluruh Indonesia dalam paduan suara Istana Merdeka pada peringatan HUT RI 17 Agustus 2023 dilanjutkan dengan Konser Kenegaraan di Gedung DPR/MPR RI oleh Kemendikbud dan Ristek RI.

“Empat orang yang terpilih dari seleksi hari ini akan dibina dan dilatih oleh tim Disbudparpora Barito Utara,” imbuhnya.

Untuk pria jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 21 orang dan untuk wanita berjumlah 35 orang dari 9 kecamatan di daerah ini.

“Kepada para peserta finalis agar dapat bersaing dan menjunjung tinggi sportivitas dan diharapkan tim penilai agar dapat menilai secara onyektif sehingga didapat wakil-wakil yang layak bersaing di tingkat selanjutnya,” pungkasnya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait