Tingkatkan Kemampuan Intelijen, Kodim 1013/Mtw Gelar Pembekalan Intelter Bagi Para Babinsa

MUARA TEWEH – Kodim 1013 Muara Teweh (Mtw) melaksanakan kegiatan terpadu pengembangan kemampuan Intelijen Teritorial (Intelter) di aula Makodim 1013/Mtw, Senin kemarin 15 Maret 2021.

Kegiatan terpadu pengembangan kemampuan Intelter dipimpin oleh Pasi Intel Lettu Inf Edy Sugiarto dan dihadiri oleh para perwira staf Kodim beserta perwakilan Babinsa di tiap Koramil wilayah Kabupaten Barito Utara.

Dandim 1013 Mtw, Letkol Kav Rinaldi Irawan didampingi Pasi Intel Kodim 1013/Mtw Lettu Inf Edy Sugiarto mengatakan digelarnya kegiatan ini adalah dasar Intel yang bertujuan untuk memelihara pengetahuan dan keterampilan dasar intelijen bagi para Babinsa di satuan Kodim 1013/Mtw.

“Diharapkan para Babinsa mengerti dan dapat melaksanakan analisa tugas, teknik dan teknik penyelidikan, pengamanan, serta penggalangan untuk pengumpulan keterangan, mengolah dan melaporkan aspek-aspek intelijen teritorial serta melaksanakan cegah dini dalam rangka pencegahan terhadap ancaman kedaulatan NKRI,” ujar Dandim, Selasa 16 Maret 2021.

Dikatakannya, kendati situasi nasional ini sangat relatif kondusif, namun berbagai ancaman terhadap keutuhan wilayah negara dan keselamatan bangsa masih berpotensi terjadi karena hal tidak terduga.

“Babinsa sebagai bapulket harus memiliki kepekaan untuk memonitor hal-hal menonjol yang dapat memicu terjadinya konflik diwilayah,” katanya.

Oleh karena itu, jelasnya, kegiatan ini memiliki nilai penting untuk dijadikan sebagai pedoman agar memiliki kesamaan pandangan dan pemikiran terkait prediksi ancaman ke depan yang perlu diantisipasi guna mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok bidang intelijen.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait