Program PSR di Desa Pandran Permai Akan Dibuka 770 Hektar

MUARA TEWEH – Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara terus melaksanakan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di wilayah Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Syahmiludin A Surapati mengatakan dalam waktu dekat ini pihaknya telah memberlakukan program PSR di Desa Pandran Permai, Kecamatan Teweh Selatan.

“Untuk target lahan yang akan diremajakan sekitar 770 hektar yang dikelola oleh Koperasi Solai Bersama,” terangnya, Minggu 28 Februari 2021 di Muara Teweh.

Syahmiludin menyampaikan bahwa berdasarkan fakta dilapangan, lokasi yang dibuka dan dikembangkan sudah cukup siap bila akan ditanam.

Kebun sawit tua yang sudah tidak produktif sudah banyak yang ditumbangkan dan lahan yang terbuka sudah siap untuk ditanam kembali dengan bibit sawit muda yang baru.

“Data dilapangan sudah ada sekitar 500 hektar lahan yang telah terbuka dan siap ditanam,” ungkapnya.

Perencanaan dan PSR menjadi satu keniscayaan yang harus dilaksanakan saat ini.

Karena fakta dilapangan menunjukkan rata-rata usia kebun sawit milik petani kita, berusia sudah tua dan semakin tidak produktif lagi. Karena, pohon-pohon kelapa sawit yang ada sudah berkisar antara usia 25-30 tahun.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait