Pemkab Diminta Perhatikan Kebutuhan Fasilitas di Sanggar Tarian

By kabarbor - June 22, 2024 |
Post View : 375
Views
IMG-20240516-WA0004

MUARA TEWEH- Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Mery Rukaini mengatakan, keberadaan sangar–sangar budaya di daerah ini perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah, misalnya dengan membantu kebutuhan fasilitas-fasilitas pendukung, sehingga sangar-sangar tarian daerah bisa lebih baik lagi.

“Perkembangan zaman saat ini dihawatirkan dapat melunturkan minat anak–anak muda zaman sekarang di daerah ini untuk melestarikan tarian budaya daerah. Untuk itu pemerintah daerah perlu menggangarkan dana untuk membantu pembelian fasilitas – fasilitas pendukung sangar tari di daerah ini, sehingga bisa menarik minat generasi muda,” katanya.

Menurutnya, perkembangan seni tari di daerah Barito Utara memang sudah cukup baik. Namun untuk melestarikannya, pemerintah daerah disarankan agar dapat mengadakan festival – festival terhadap tarian daerah di beberapa kecamatan.

“Adat dan kebudayaan lokal perlu untuk terus dilestarikan, agar jangan sampai menghilang dari bumi iya mulik bengkang turan. Diadakannya festival juga sekaligus untuk mencari bibit–bibit penari yang berbakat,’’ tuturnya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait