Nama Jembatan Penyeberangan Muara Teweh – Jingah Akan Diambil dari Salah Satu Tokoh Agama di Barito Utara

By kabarbor - December 1, 2021 |
Post View : 24
Views
IMG-20211201-WA0018

MUARA TEWEH – Pada Kamis 2 Desember 2021 rencananya pemerintah Kabupaten barito Utara akan meresmikan salah satu jembatan penghubung antara Kota Muara Teweh dan Kelurahan Jingah.

Dalam peresmian itu nantinya, nama jembatan tersebut akan diresmikan pula oleh Bupati Barito Utara, H Nadalsyah.

Peresmian dan pemberian nama jembatan penyeberangan Muara Teweh – Jingah ini mengambil nama salah satu tokoh agama di Barito Utara.

Berdasarkan pantauan di lapangan, di halte jembatan memang sudah terpasang nama jembatan yang akan diresmikan, namun saat ini masih tertutup oleh kain. Sehingga masyarakat yang lewat belum tahu apa nama jembatan yang akan diresmikan.

Beredar di kalangan warga masyarakat nama jembatan tersebut mengambil nama dari tokoh agama yang berasal dari Kelurahan Jambu. Dimana semasa hidup, almarhum merupakan tokoh masyarakat kharismatik dan sangat dihormati oleh warga sekitar.

“Memang selama ini nama almarhum hanya dikenal masyarakat sekitar, tapi memang semasa hidup beliau adalah tokoh agama yang juga panutan bagi warga,” kata salah seorang warga kelurahan Jambu yang tak ingin namanya dipublikasikan.

Sebelumnya, Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra didampingi Kepala Dinas PUPR, M Iman Topik menyebutkan bahwa pembangunan jembatan kebanggaan masyarakat Kabupaten Barito Utara yang melintasi Sungai Barito ini dengan konstruksi utama bagian atas menggunakan pelengkung/busur (Arch Bridge) dengan panjang jembatan yang membentang di atas sungai Barito sepanjang 472,98 meter.

Pembangunan jembatan konstruksi rangka baja lengkung dan beton sepanjang sekitar 332 meter, lebar 5 meter serta bentang tengah jembatan 220 meter ini dikerjakan selama empat tahap (dari tahap I sampai V) sebesar Rp 103,8 miliar yakni dari APBD Kabupaten Barito Utara sebesar Rp 73,9 miliar atau 71,21 persen sedangkan dana bantuan Provinsi Kalteng sebesar Rp29,9 miliar atau 28,79 persen.

“Direncanakan jembatan ini akan diresmikan pada Kamis 2 Desember 2021 besok, oleh Bupati Barito Utara H Nadalsyah,” terangnya.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait