Kodim 1013 Muara Teweh Bangun Jembatan Sungai Palili untuk 6 Desa Terisolir

By kabarbor - April 1, 2022 |
Post View : 261
Views
IMG-20220402-WA0012

MUARA TEWEH – dalam rangka mengatasi kesulitan warga di wilayah teritorialnya, Kodim 1013 Muara Teweh laksanakan Karya Bhakti tahun anggaran 2022 dengan membangun Jembatan Sungai Palili di Jalan Perusda KM 23 Desa Muara Inu yang menghubungkan 6 Desa di wilayah Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara.

Karya Bhakti TNI-AD tahun anggaran 2022 kali ini bekerjasama dengan PT Mirah Ganal Energy membangun Jembatan Sungai Palili, yang mana jembatan ini sudah rusak parah dan tidak bisa digunakan warga untuk melintas ke ibu kota Kecamatan di Lahei maupun ke ibukota Kabupaten.
Kerusakan Jembatan Sungai Palili tersebut mengakibatkan enam desa yang ada di wilayah Kecamatan Lahei diantaranya Desa Muara Inu, Desa Bengahon, Desa Rahaden, Desa Muara Pari, Desa Karendan serta Desa Haragandang.

Dengan rusaknya Jembatan Sungai Palili, warga 6 (enam) desa tersebut harus memutar jalur alternative sejauh 20 Km untuk menuju ke ibukota Kecamatan maupun Ibukota Kabupaten.

Kepala Desa Muara Inu Hernedi saat ditemui di lokasi Karya Bhakti mengatakan bahwa sebelumnya jembatan ini sudah ada, akan tetapi terputus karena lapuk dimakan usia dan tidak bisa dilewati oleh warga.

Apabila ada warga masyarakat ada keperluan untuk ke kantor Kecamatan maka harus memutar sejauh 20 Km menggunakan jalur alternative.
“Saya mewakili warga Desa Muara Inu dan 5 (lima) Desa terisolir lainnya mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI-AD dalam hal ini Kodim 1013 Muara Teweh atas kepeduliannya terhadap masyarakat dengan membangun Jembatan Sungai Palili sebagai sarana penghubung bagi warga sekitar. Semoga ini menjadi berkah bagi masyarakat dan doa terbaik kami panjatkan kepada bapak Dandim beserta anggotanya,” kata Kades Muara Inu.

Sementara itu, Dandim 1013 Muara Teweh, Letkol Inf Edi Purwoko mengatakan pembangunan Jembatan Sungai Palili ini berawal dari laporan masyarakat sekitar kepada Babinsa Koramil 1013-06/Lahei yang mana jembatan tersebut sudah tidak layak lagi untuk digunakan,
Sehingga, kata Dandim, Kodim 1013 Muara Teweh merencanakan Pembangunan Jembatan Sungai Palili pada Program Karya Bakti Kodim 1013 Muara Teweh tahun anggaran 2022.

“Kegiatan Karya Bhakti tahun anggaran 2022 pembangunan Jembatan Sungai Palili dimulai pada tanggal 6 Maret 2022, sekaligus dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Korem 102/Panju Panjung yang ke 48 pada tanggal 23 Maret 2022,” kata Letkol Inf Edy Purwoko, Jumat 1 April 2022.

Dikatakan Dandim, diawal pihaknya memutuskan untuk membangun Jembatan Sungai Palili tersebut dengan menggunakan bahan beton, namun melihat situasi dan kondisi dilapangan dimana apabila musim hujan maka kondisi jalan tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda 4 maupun roda 6.

Dengan demikian lanjut Dandim pihaknya memutuskan untuk membangun Jembatan Sungai Palili dengan menggunakan bahan kayu Log.

“Saya selaku Komandan Kodim 1013 Muara Teweh berharap, dengan dibangunnya Jembatan Sungai Palili ini dapat meringankan beban warga masyarakat yang selama ini terisolir harus memutar hingga 20 KM menuju ke ibukota Kecamatan Lahei,” ucapnya.

Dan katanya lagi Babinsa 1013-06/Lahei dapat lebih intens dalam melaksanakan pembinaan wilayah di Desa Binaanya demi tercapainya tugas pokok.

“Tak lupa juga saya ucapkan banyak terima kasih kepada warga masyarakat yang telah membantu dalam pelaksanaan pembangunan Jembatan Sungai Palili, terima kasih juga kami sampaikan kepada PT Mirah Ganal Energy yang berkenan mendukung pelaksanaan Karya Bhakti Kodim 1013 Muara Teweh. “Selamat HUT Korem 102/Panju Panjung “Panju Panjung Berkah di Hati Rakyat,” pungkasnya.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait