Kampus Baru STIE Muara Teweh Dapat Bantuan dari PT SMM

BRAYANEWS | MUARA TEWEH – Kampus baru Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapat bantuan dari salah satu perusahaan pertambangan batubara pemegang konsesi Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) PT Suprabari Mapanindo Mineral (SMM).

Dept Head CSR PT SMM, Ibnu Solihin menyampaikan, bahwa penyaluran bantuan ini sesuai dengan rencana kerja dan anggaran belanja (RKAB) yang disusun di Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) melalui program program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) tahun anggaran 2021.

Penyaluran bantuan ini berupa meubelair dan komputer dilakukan secara simbolis dan diterima langsung oleh pihak lembaga perguruan tinggi dan yayasan STIE Muara Teweh dan dilakukan dalam dua tahap bantuan.

Ibnu menyampaikan, selain membantu sarana perkuliahan kampus baru STIE Muara Teweh, perusahaan juga memberikan bantuan terhadap masyarakat yang ada di sekitar wilayah produksi pertambangan.

Dimana program yang sudah dijalankan perusahaan ini, seperti membantu tenaga guru honorer di lingkungan SMM, pembinaan sekolah, siswa berprestasi,  bantuan untuk madrasah di sekitar wilayah SMM. Kemudian untuk bidang kesehatan, posyandu serta kegiatan insidentil seperti sunatan massal.

Dibidang ekonomi, lanjut Ibnu, PT SMM membantu masyarakat dengan beternak ayam petelur, program perikanan berupa budidaya ikan nila di Desa Bintang Ninggi I dan II, yang kini sudah memasuki masa panen.

Selain itu, pembangunan Kantor Koperasi Parajekian yang telah dilakukan bersama PT PAMA di Desa Lemo II,  dengan program unggulan yaitu budidaya madu kelulut.

Sementara bidang Infrastruktur, PT SMM juga membantu pembangunan Balai Desa Lemo I, membangun masjid di Dusun Teluk Lihat (sudah selesai), membantu masjid di Desa Bintang Ninggi dan bantuan Masjid Nurul Iman di Desa Lemo I yang saat ini masih berjalan.

Tidak hanya itu, SMM juga melalui program PPM tahun 2021 ini, juga akan membantu Balai Basarah di Desa Lemo I dan Desa Pendreh.

Program yang dilaksanakan oleh PT SMM ini mendapat respon positif dan apresiasi dari Ketua Pembina STIE Muara Teweh yang juga Komisi III DPRD Kabupaten Barito Utara, DR H Tajeri MM MH.

“Kita sangat menyambut baik program PPM yang dilaksanakan oleh PT SMM, untuk masyarakat yang ada di sekitar wilayah produksi perusahaan,” kata Tajeri.

Ketua Fraksi Partai Gerindra Barito Utara ini,  apa yang dilakukan oleh PT SMM diharapkan dapat menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lainnya di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Sebab keberadaan investor di wilayah ini, memang sangat diharapkan dapat turut andil dalam kemajuan pembangunan di daerah, terkhusus di sekitar wilayah kerja perusahaan.

“Pada prinsipnya segenap akademisi, lembaga dan yayasan STIE sangat mendukung apa yang dilakukan pihak PT SMM. Kita harapkan perusahaan-perusahaan lainnya dapat mencontoh program PPM yang dijalankan oleh PT SMM. Sebab dengan demikian masyarakat akan merasakan manfaat keberadaan perusahaan, sehingga  terciptanya hubungan baik antara masyarakat dan perusahaan,” pungkasnya. (Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait