Dinas PUPR Barito Utara Bangun Saluran Air di Jalan A Yani

MUARA TEWEH – Guna mengantisipasi dan menanggulangi dampak banjir dari luapan sungai Bengaris di daerah pemukiman warga di Jalan A Yani Muara Teweh, Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membangun saluran air drainase (gorong-gorong).

Kepala Dinas PUPR Barito Utara, M Iman Topik, Rabu 24 Maret 2021 mengatakan sesuai instruksi Bupati Barito Utara H Nadalsyah kemarin usai peninjauan lapangan memerintahkan kepada Dinas PUPR agar membangun gorong-gorong di Jalan A Yani Muara Teweh.

“Kita langsung turunkan alat berat excavator ke lokasi untuk membuat lobang gorong-gorong. Pembuatan gorong-gorong ini agar air bisa keluar dan tidak menggenangi pemukiman rumah warga. Saat ini parit yang ada ukurannya tidak mampu menampung luapan air,” kata Iman Topik.

Dikatakan Topik, gorong-gorong yang ada saat ini tidak mampu menampung air bila intensitas curah hujan yang cukup tinggi. “Jadi kita bangun lagi satu gorong-gorong yang lebih besar dari yang sebelumnya. Dalam pembuatan saluran air ini kita sudah mendapatkan izin dari pemilik lahan (tanah),” kata dia.

Topik juga mengharapkan pekerjaan pembangunan drainase/gorong gorong ini berjalan dengan lancar sesuai dengan waktu yang ditentukan dan dapat dirampungkan semaksimal pekerjaannya,

“Sehingga nantinya saluran drainase ini bisa dimanfaatkan warga masyarakat untuk dialiri air ke drainase salah satunya berguna mengantisipasi dampak banjir dari luapan sungai Bengaris,” kata mantan Kadis Kominfosandi Barito Utara ini.

Sebelumnya Bupati Barito Utara H Nadalsyah bersama Sekda H Jainal Abidin, Kadis PUPR M Iman Topik, Kalak BPBD H Gazali Mantalatua dan Direktur RSUD Muara Teweh drg Dwi Agus Setijowati turun ke lokasi pemukiman warga yang terdampak banjir luapan sungai Bengaris.

Nadalsyah juga meminta kepada warga masyarakat yang nantinya pada tanah yang dimilikinya terkena jalur air, untuk tidak meminta ganti rugi. “Hal ini untuk kebaikan kita bersama juga, mohon mengikhlaskan untuk pembuatan jalur air,” harap H Nadalsyah.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait