Bupati Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Barito Utara Tahun 2022

MUARA TEWEH – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah membuka secara langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Barito Utara tahun 2022 di kantor Bappeda Litbang, Senin 15 Maret 2021.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Musrenbang RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2022 dengan ini secara resmi dibuka,” ucap Nadalsyah.

Menurut Nadalsyah, walaupun pelaksanaan Musrenbang ini dilaksanakan secara virtual, akibat adanya wabah Covid-19, untuk itu ada perubahan pola pelaksanaan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, tetapi tidak mengurangi tujuan dan manfaat dari kegiatan ini. sehingga proses perencanaan berjalan sesuai tahapan.

“Musrenbang RKPD merupakan perencanaan dengan pendekatan partisipatif yang dilaksanakan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan,” terang Nadalsyah.

Musrenbang RKPD ini juga, kata dia, merupakan wahana strategis bagi para stakeholder dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan tiga pilar pembangunan, yaitu pemerintah daerah, masyarakat dan swasta/ dunia usaha.

“Pada dasarnya keluaran Musrenbang RKPD ini akan menjadi masukan yang sangat penting dalam rangka perumusan dan penyempurnaan rancangan rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Barito Utara tahun 2022, yang selanjutnya akan dijadikan acuan/ pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) tahun 2022 serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2022,’ ujarnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, dirinya memandang bahwa musrenbang ini merupakan momentum penting untuk menyatukan pola pikir/ aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan serta mengintegrasikannya dengan berbagai bidang urusan pemerintahan, baik yang merupakan urusan wajib maupun urusan pilihan serta yang bersifat sektoral maupun lintas sektoral.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait