Bupati Barito Utara Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-25

MUARA TEWEH – Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1996 tentang Hari Otonomi Daerah, dimana ditetapkan tanggal 25 April sebagai Hari Otonomi Daerah.

Pelaksanaan Peringatan Hari Otonomi Daerah yang ke-25 dilaksanakan secara virtual, yang diikuti oleh 34 Provinsi, 415 Kabupaten dan 93 Kota.

Dari Kabupaten Barito Utara, Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekretaris Daerah, Ir H Jainal Abidin, dan unsur FKPD mengikuti secara virtual di Aula Rumah Jabatan Bupati.

Peringatan Hari Otonomi Daerah dengan tema bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong royong di masa Pandemi Covid-19, untuk masyarakat sehat, ekonomi daerah bangkit dan Indonesia maju dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut Wakil Presiden mengapresiasi kepada seluruh Kepala Daerah yang telah sukses dalam melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah pada masa Pandemi Covid-19, dimana pelaksanaannya berhasil dengan baik.

“Selain itu, Wapres mengatakan bahwa pelaksanaan Otonomi Daerah yang berkualitas memerlukan pemimpin yang adaptif,” ungkapnya.

Wapres juga, lanjut dia, menekankan 7 langkah dalam efektivitas penyelenggaraan pemerintahan diantaranya adalah merubah paradigma pembangunan dari rutinitas menjadi kinerja, sinergitas dan koordinasi antar pemerintahan, Pemerintah Daerah berbasis data.

Selanjutnya, penguatan otonomi daerah, perbaikan penyelenggaraan pemerintah yang adaptif, pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan perlu di reviu, dan konsisten dalam regulasi dimana peraturan yang dikeluarkan daerah tidak bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi.

Dalam peringatan Hari Otonomi Daerah yang ke-25 diluncurkan 3 aplikasi oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Aplikasi tersebut diantaranya adalah aplikasi e-Perda, e-mutasi dan SI LPPD.

“Selamat Hari Otonomi Daerah yang ke-25, semoga penyelenggaraan pemerintahan khususnya di Kabupaten Barito Utara dapat lebih efektif, efisien dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ucap Nadalsyah.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait