Barito Utara Raih Predikat B Dalam Penilaian SAKIP Tahun 2020

MUARA TEWEH – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi (LHE) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) untuk pemerintah provinsi/kabupaten/kota secara online.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan.

Untuk hasil penilaian yang diperoleh Kabupaten Barito Utara adalah 60,16 atau Predikat B dimana penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, pembangunan budaya kinerja dan birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil pada Pemerintah Kabupaten Barito Utara menunjukkan hasil yang baik, namun masih memerlukan perbaikan yang lebih lanjut.

Hasil yang diperoleh meningkat dibandingkan tahun 2019 dimana Kabupaten Barito Utara memperoleh nilai 57,11 atau predikat CC.

Hasil yang diperoleh pada Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah, Kabupaten Barito Utara memperoleh predikat B bersama dengan 7 kabupaten lainnya, sedangkan 7 kabupaten/kota memperoleh predikat CC.

Penyerahan hasil secara online tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Ir H Jainal Abidin, Asisten III, Inspektur, Kepala Bappedalitbang, Kabag Organisasi, dan perangkat daerah terkait di aula Rumah Jabatan Bupati.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, Jumat 23 April 2021 mengapresiasi kinerja seluruh perangkat daerah sehingga penilaian SAKIP dapat meningkat.

Dijelaskan bahwasanya, pada tahun-tahun sebelumnya, penerimaan penyerahan hasil LHE SAKIP langsung oleh kepala daerah. Tetapi saat Pandemi Covid-19 penyerahan dilakukan secara online, sehingga cukup Sekretaris Daerah yang menghadiri.

Bupati mengharapkan dengan adanya peningkatan dalam pelaksanaan kinerja yang mengacu kepada uraian tugas dari tugas pokok dan fungsi seluruh perangkat daerah akan menjadikan Pemkab Barito Utara optimal dalam memberikan pelayanan kepada publik sesuai standar pelayanan dan aturan serta ketentuan yang berlaku.

“Agar nantinya seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Barito Utara dalam bekerja dengan berbasis kinerja yang lebih baik lagi pada tahun-tahun selanjutnya,” tegas Nadalsyah.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait