Barito Utara Akan Miliki Pabrik Pakan

MUARA TEWEH – Di desa Batu Raya I, Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara kini sedang dibangun Unit Pengolahan Hasil (UPH) Pertanian, khususnya untuk jagung.

Pembangunan UPH ini dibangun untuk menjadi usaha pengolahan pakan ternak yang akan dikelola langsung oleh kelompok tani.

“Pembangunan UPH ini merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah,” jelas Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Syahmiludin A Surapati.

Dikatakan Syahmiludin, bahawa pemilihan lokasi dan program ini didasari pertimbangan, karena Desa Batu Raya merupakan salah satu sentra penghasil jagung Hibrida untuk pakan ternak di Kabupaten Barito Utara.

“Keberhasilan Kabupaten Barito Utara yang dikenal sebagai daerah sentra produksi jagung hibrida bukan cuma diakui di Kalimantan Tengah, tapi sudah dikenal hingga ke-level Nasional (Kementan RI),” ujarnya.

Menurutnya, selama ini kita hanya memasarkan dalam bentuk pipilan jagung kering saja sebagai bahan baku pembuatan pakan ternak ke pabrik-pabrik besar pembuat pakan yang ada di wilayah Kalimantan Selatan.

Namun, Bupati Barito Utara meminta agar dilakukan terobosan program untuk memiliki tempat dan alat yang bisa dikelola oleh kelompok tani di sentra-sentra jagung agar bisa memanfaatkan hasil panen jagung yang didapat petani.

“Bukan sekedar hanya dijual dalam bentuk jagung pipilan kering seperti yang ada saat ini saja tapi bagaimana mereka bisa membuat pakan ternak yang nantinya bisa untuk membantu memenuhi kebutuhan para peternak lokal di Barito Utara,” ungkapnya.

Disampaikannya pula, saat ini minat usaha dan potensi pasar hasil peternakan unggas seperti ayam petelur dan ayam pedaging sangat besar serta menarik minat banyak masyarakat di Barito Utara untuk membuka usaha peternakan.

Dari hasil perhitungan analisa usahatani yang dilakukan ternyata hampir 70 persen komponen biaya yang dikeluarkan peternak adalah untuk kebutuhan pakan. “diharapkan dengan program UPH Pakan ternak ini nantinya dapat membantu penyediaan pakan dan menggairahkan usaha peternakan di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan,” jelasnya.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait