Bagi Masker dan Edukasi Masyarakat

MUARA TEWEH – Jajaran Kodim 1013 Muara Teweh Kabupaten Barito Utara (Batara) bersama Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 kembali melakukan pembagian masker dan mengedukasi masyarakat yang melintasi jalan raya serta di lokasi pasar yang kedapatan tidak menggunakan masker.

Kasdim Mayor (Inf) Mashun Abadi disela-sela acara tersebut menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan untuk mengaklarasi penerapan protokol kesehatan (Prokes) dengan slogan 4M seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Disampaikannya, pembagian masker ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terutama bagi mereka yang dianggap tidak taat terhadap prokes. Dan hal ini akan terus dilakukan sampai masyarakat itu memiliki kesadaran sendiri.

“Penggunaan Masker ini diterapkan dalam menghadapi era new normal atau kebiasaan baru yang nantinya sama seperti dilakukan aparat kepolisian yang menerapkan penggunaan helm,” ujarnya.

Sebab dulu siapapun yang berkendaraan tak menggunakan helm sama dengan tidak taat peraturan serta tidak peduli dengan keselamatan dirinya sendiri dan orang lain.

Diungkapkannya, sedangkan penggunaan masker ini sama, apabila nantinya masyarakat ada yang tidak menggunakan masker, maka dianggap tidak taat terhadap peraturan serta tak peduli dengan kesehatan dan keselamatan orang lain.

“Kita berharap kegiatan ini akan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan masker dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat,” jelasnya.

Ia juga mengapresiasi kepada seluruh masyarakat yang pada saat pembagian masker di jalan raya dan pasar-pasar tradisional dalam kota Muara Teweh sudah banyak yang memiliki kesadaran tinggi dalam penggunaan masker.

Hal itu dapat terlihat dari kegiatan yang dilaksanakan pagi Minggu ini (31/1/21) di Jalan Achmad Yani sekitar bundaran buah dekat Kodim 1013 Muara Teweh.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar terus menggunakan masker serta menerapkan prokes yang diterapkan pemerintah seperti 4M. Ini dimaksudkan agar permasalahan penyebaran Covid-19 di wilayah kita cepat selesai dan kita bisa kembali ke kehidupan normal,” ucapnya.

Walaupun sudah dalam kehidupan normal nantinya penggunaan masker ini tetap bagi masyarakat, sehingga sama seperti penggunaan helm ketika keluar rumah maupun apabila ada kegiatan dan lain sebagainya.

Kegiatan tersebut diikuti petugas dari Kodim 1013 Muara Teweh, perwakilan aparat kepolisian, Satpol PP, BPBD dan ormas lainnya. (red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait