Angka Reproduksi Penularan covid-19 di Barito Utara Dibawah 1

MUARA TEWEH – Kabupaten Barito Utara merupakan salah satu dari tiga kabupaten yang angka reproduksi efektif penularan covid-19 di bawah 1.

Diketahui, tiga kabupaten yang angka reproduksi efektifnya dibawah 1 yakni Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Sukamara dan Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Saat ini hanya Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Sukamara dan Kabupaten Kotawaringin Barat yang angka reproduksi efektifnya dibawah 1, yang lainnya masih diatas angka 1,” kata Sekretaris daerah Barito Utara, Ir H Jainal Abidin, Kamis 18 Maret 2021 di Muara Teweh.

Sehingga, kata dia, kabupaten yang angka produksi efektifnya diatas 1 resiko penularan Covid-19 dalam masyarakat masih cenderung tinggi. “Terkait vaksinasi, target-target vaksinasi yang sudah disusun harus segera tercapai,” ungkapnya.

Disampaikannya pula, bahwa pemerintah daerah bersama instansi terkait kemarin, Rabu 17 Maret 2021 telah mengikuti rakor percepatan penanganan covid 19 evaluasi penanganan covid 19 dan teknis penganggaran yang dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya.

Dimana, kata dia, Wagub menyampaikan kepada Walikota Palangka Raya, Bupati se kabupaten/kota prov kalteng, bahwa perkembangan kasus konfirmasi positif Covid-19 pada Januari – Maret 2021 cenderung masih tinggi.

“Secara keseluruhan jika dilihat dari angka reproduksi efektif atau angka reproduksi virus corona,” kata wagub.

Wakil Gubernur juga menekankan kepada seluruh Bupati/Walikota untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 dan memastikan fasilitas pendukung khususnya ICU di seluruh rumah sakit Kabupaten/Kota yang menangani Covid-19 telah tersedia dan mencukupi sehingga meminimalisir melakukan rujukan ke rumah sakit di tingkat Provinsi.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait