5 Orang Nakes NSI Akan Bertugas di Barito Utara

MUARA TEWEH – Sebanyak 5 orang Tenaga Kesehatan (Nakes) Nusantara Sehat Individual (NSI) periode tahun 2021 ditempatkan di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Dimana Nusantara Sehat merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam rangka pemenuhan akses dan mutu pelayanan kesehatan di daerah yang dilakukan menitikberatkan pada upaya promotif (promosi kesehatan) dan preventif (pencegahan) agar tercapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Saat ini Nusantara Sehat memiliki dua sub program, yaitu Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan berbasis tim atau biasa disebut dengan Nusantara Sehat Team Based dan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual.

Kabupaten Barito Utara mendapat penempatan 5 orang tenaga kesehatan Nusantara Sehat Individual periode II Tahun 2021, dimana nakes tersebut ditugaskan di Puskesmas Benao II orang, Benangin II orang dan Lampeong 1 orang dengan Surat Tugas per 1 April 2021 sampai dengan 31 Maret 2023.

Nakes yang ditugaskan di Kabupaten Barito Utara berasal dari Medan, Ambon, NTT, Tapanuli, dan Sumatera Utara. Dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan jajarannya, kelima nakes melaporkan tugas mereka di Kabupaten Barito Utara kepada Bupati Barito Utara.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah menyambut kedatangan rombongan Nakes NSI periode II tahun 2021 di ruang tamu Rumah Jabatan Bupati, Rabu 7 April 2021.

Saat mendengar salah seorang nakes berasal dari NTT, Bupati menanyakan kondisi keluarga nakes pasca musibah bencana alam yang melanda NTT. “Bagaimana kondisi disana dan keluarga yang ditinggalkan. Saya turut berduka cita atas musibah yang melanda NTT,” tanya Nadalsyah.

Dijelaskan oleh Fifiani Anjelina Nat, S Gz, nakes gizi yang ditempatkan di Benao bahwa tempatnya tidak terimbas musibah tersebut. (Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait